Begini Cara Memilih Benih Tomat yang Tepat

Pertanianku — Banyak masyarakat yang kesulitan dalam menanam tomat hingga menyebabkan kegagalan. Kegagalan tersebut sebenarnya dapat diminimalisir dengan menggunakan bibit yang tepat. Dalam memilih benih tomat yang tepat, Anda perlu memerhatikan beberapa kriteria yang menggambarkan bahwa bibit tersebut bagus. Berikut ini tips cara memilih benih tomat yang tepat.

cara memilih benih tomat
foto: pertanianku

Vigor benih

Vigor atau pertumbuhan benih merupakan salah satu keunggulan dari penggunaan benih hibrida. Benih hibrida memang terkenal dengan kemampuan vigor yang lebih baik ketimbang benih-benih lain sehingga dapat menghasilkan tanaman dengan pertumbuhan yang baik dan waktu panen yang seragam. Benih hibrida memiliki kemampuan beradaptasi yang lebih baik dalam perubahan iklim ataupun kondisi tanah tertentu.

Loading...

Viability (daya kecambah)

Viability adalah kemampuan benih untuk menghasilkan kecambah. Kemampuan benih untuk menghasilkan kecambah biasanya dipengaruhi oleh varietas yang digunakan, umur panen, cara dan lamanya penyimpanan benih, media untuk menumbuhkan benih, dan kondisi lingkungan.

Ketahanan penyakit

Gunakanlah benih yang memiliki daya tahan terhadap serangan penyakit sehingga dapat meminimalisir risiko kegagalan panen. Biasanya Anda dapat menemukan kalimat ‘lebih tahan terhadap penyakit’ yang tertera pada kemasan benih. Sebagian besar benih hibrida memang memiliki keunggulan tahan terhadap penyakit. Oleh karena itu, di setiap kemasan benih hibrida akan dicantumkan bahwa benih tersebut tahan terhadap penyakit.

Hasil

Benih tomat yang lebih bagus dalam faktor produktivitas adalah benih hibrida yang dapat mencapai dua kali lipat dari benih lainnya. Hal tersebut memang sudah dirancang dalam benih hibrida untuk meningkatkan hasil produksi.

Harga

Harga benih hibrida memang terbilang lebih mahal karena proses untuk mendapatkannya lebih panjang ketimbang benih biasanya. Namun, dengan harga yang lebih tinggi Anda sudah mendapatkan bakalan yang memiliki keunggulan serta mampu menekan risiko gagal atau mati. Benih hibrida memang lebih cocok digunakan oleh para hobiis untuk menanam pohon tomat sebagai tanaman hiasan.

Baca Juga:  Penyebab Benih Jagung yang Ditanam Tidak Tumbuh

Benih hibrida juga dapat mendatangkan nilai ekonomis yang menjanjikan jika dirawat dengan benar. Pasalnya, tingkat produktivitas benih akan sangat tinggi jika dirawat dengan baik.

Loading...
Loading...