Begini Cara Memilih Buah Durian yang Benar

Pertanianku — Siapa yang tidak kenal buah durian yang selalu menuai pro kontra di kalangan masyarakat. Bagi mereka yang suka buah ini akan sangat ‘menggilainya’. Bahkan, saat musimnya telah tiba, mereka tidak akan ragu untuk membeli buah durian yang cukup mahal. Namun, karena buah ini merupakan buah musiman yang jarang ditemui, tidak jarang banyak orang yang tidak tahu cara memilih buah durian yang tepat.

memilih buah durian
foto: unsplash

Durian merupakan buah yang sering diistilahkan sebagai ‘smell like hell, but tastes like heaven’. Hal ini lantaran durian memiliki bau yang sangat menyengat, tetapi memiliki cita rasa yang lezat.

Durian merupakan buah asli Asia Tenggara dan sudah tumbuh liar di beberapa negara seperti Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Filipina. Buah ini terdapat juga di beberapa bagian negara Asia lainnya. Selain rasa dan aroma, durian sangat identik dengan bentuknya yang bulat cenderung lonjong dan dikelilingi oleh kulit berduri besar.

Loading...

Memillih buah durian merupakan hal penting yang harus dilakukan karena tidak jarang pedagang suka menipu pembeli karena harga buah yang sangat mahal. Oleh karena itu, simak cara memilih buah durian di bawah ini.

  1. Lihat tangkai buah. Buah yang masih segar memiliki tangkai yang bagus, sedangkan buah yang sudah lama jatuh dari pohon akan memiliki tangkai yang kering. Terkadang penjual yang tidak jujur akan mengecet tangkai atau membalutnya agar tidak terlihat dan bahkan tak jarang tangkainya dibuang oleh penjual.
  2. Jika Anda menyukai buah yang kering dan matang, Anda dapat menggoyang-goyangkan buah. Jika terasa getaran kecil, itu artinya daging buah durian kering tidak lembap dan menempel di kulit. Namun, Anda harus berhati-hati agar tangan tidak terluka saat melakukan ini.
  3. Durian memiliki kemungkinan terserang oleh ulat. Untuk menghindari buah yang ditumbuhi ulat, jangan memilih durian yang memiliki kulit berlubang. Lubang yang ada di kulit sudah dipastikan merupakan jalan masuk ulat ke dalam buah durian.
Baca Juga:  Ciri-ciri Bibit Durian yang Berkualitas

Jika sudah mendapatkan buah durian yang manis dan lezat, jangan lupa untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar. Sebab, jika dikonsumsi berlebihan dapat menimbulkan sakit perut. Kulit buah durian juga bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan aroma durian yang menempel pada jari-jari tangan dan mulut.

Loading...
Loading...