Begini Cara Memilih Pisang yang Kaya Kandungan Vitamin

0

Pertanianku – Buah pisang memang tumbuh subur di Indonesia. Bahkan, produksinya sangat melimpah. Buah ini banyak dikonsumsi karena dirasa lebih mengenyangkan dibanding buah lainnya. Pisang juga kabarnya dijuluki sebagai superfood. Selain itu, harga buah pisang sangat terjangkau.

Ketika membeli buah pisang, bagaimana cara Anda memilihnya? Pasti Anda akan memilih buah pisang yang berkulit mulus bukan? Pisang dengan kulit yang mulus dianggap lebih menarik dan pertanda bahwa kualitas pisang bagus.

Namun, tahukah Anda justru pisang dengan bintik-bintik cokelat justru memiliki lebih banyak manfaat jika dikonsumsi.

Seperti melansir Lifehack, setiap satu buah pisang adalah makanan super. Pisang dikemas dengan nutrisi penting seperti gula alami, serat makanan, vitamin, dan mineral. Ini adalah salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi di dunia.

Sebuah pisang matang mengandung tumor necrosis factor, zat buah yang membantu dalam pencegahan kondisi onkologi. Selain itu, dianjurkan untuk makan pisang dengan kulit berbintik, atau gelap karena memiliki lebih banyak protein di dalamnya.

Memilih pisang pada tahap kematangan yang tepat memiliki manfaat yang lebih. Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi pisang.

Mengandung kalium

Pisang merupakan buah yang kaya akan kalium. Mineral ini mempromosikan kesehatan jantung dan tekanan darah normal. Asupan harian 1,3—1,4 gram yang optimal, dapat menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 26 persen.

Menjaga kesehatan perut

Ini membuat perut Anda sehat. Sebuah pisang mudah dicerna dan memiliki dua serat makanan penting. Sebagai catatan, pisang mentah tinggi akan pati resisten, sejenis serat yang juga dapat meningkatkan kesehatan usus besar.

Buah yang tepat untuk penderita diabetes

Buah tropis ini dapat menstabilkan diabetes. Pisang kaya dengan pati dan gula, tetapi memiliki indeks glikemik rendah. Orang-orang dengan penyakit diabetes baik untuk mengonsumsi pisang, asalkan tidak berlebihan, terutama pada pisang yang matang.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda pertimbangkanlah manfaat kesehatan yang didapat dengan mengonsumsi pisang berbintik atau yang sedikit gelap.

loading...
loading...