Begini Cara Mengajak Indukan Burung untuk Menetaskan Telur


Pertanianku – Beternak burung memang tidak semudah jika Anda hanya memeliharanya saja. Banyak kendala yang dihadapi sehingga peternak sering mengalami kegagalan saat proses penetasan telur oleh indukan.

Salah satu kendalanya adalah ketika indukan akan meninggalkan sarangnya karena selalu terganggu. Atau, indukan yang memiliki sifat buruk. misalnya selalu membuang telur-telurnya.

Jika sudah demikian solusi yang bisa dilakukan adalah menitipkan telur burung tersebut pada telur burung babuan. Seperti diketahui, agar telur bisa menetas setidaknya beberapa hal sangat dibutuhkan dalam perkembangannya antara lain indukan harus berpengalaman atau indukan yang sudah cukup umur.

Dengan begitu, mereka akan mudah melakukan pekerjaannya tanpa terganggu oleh permasalahan lain. Untuk menetaskan telur, indukan tersebut harus melakukan beberapa hal berikut.

  • Mengerami telurnya dengan tujuan menghangatkan telur.
  • Membolak-balik telur.
  • Membuat atau menjaga kelembapan dalam sarangnya.

Anda perlu memastikan hal tersebut berjalan dengan benar sesuai prosedur. Pasalnya, hal ini menjadi faktor penting dalam mempersiapkan telur yang akan menetas nantinya. Jika salah satu tidak dilakukan, sudah bisa dipastikan telur akan gagal menetas, terutama jika indukan selalu mengabaikan sarangnya.

loading...
loading...