Begini Cara Mengatasi Pohon Avokad yang Sudah Tidak Berbuah

Pertanianku — Terkadang, ada saja masalah yang ditemui ketika bercocok tanam, termasuk saat menanam avokad. Secara teori, menanam avokad memang tidak terlalu sulit, tetapi terkadang pohon avokad yang sudah tua akan mengalami penurunan produktivitas sehingga sulit berbuah. Untuk mengatasi pohon avokad yang sudah tidak berbuah, Anda bisa menggunakan teknik top working.

pohon avokad
foto: Pixabay

Secara alamiah, pohon akan mengalami penurunan kualitas dan kuantitas seiring dengan bertambahnya usia. Kualitas buah yang dihasilkan pun akan menurun. Petani masih bisa mengatasi permasalahan tersebut dengan teknik top working. Top working merupakan pergantian varietas yang sudah ada dengan varietas baru tanpa harus mematikan tanaman yang telah tumbuh.

Teknik top working sebenarnya bisa digunakan untuk berbagai jenis tanaman buah lainnya untuk memperbaiki pohon yang sudah tidak produktif atau pohon yang belum kunjung berbuah. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi tanaman buah tanpa perlu melakukan perombakan pada tanaman yang telah ditanam.

Pohon yang akan mendapatkan perlakuan top working harus dalam keadaan sehat. Oleh karena itu, Anda harus menjaga kesehatan tanaman sehingga kondisinya semakin subur. Pohon yang subur dapat lebih mudah melewati masa penyembuhan luka dan pembentukan pertautan yang sempurna dalam kurun waktu yang lebih singkat.

Jika tanaman telah dipastikan sehat, Anda bisa melakukan penyambungan pada awal atau akhir musim hujan dengan suhu rata-rata sekitar 17—25°C dan tingkat kelembapan sekitar 60—70 persen.

Teknik top working bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti sambung kulit, sambung celah, serta penempelan dan sambung tunas. Setiap cara harus dilakukan sesuai dengan karakteristik batang atas dan batang bawah.

Teknik ini harus dilakukan oleh seorang yang sudah terampil dan berpengalaman. Pasalnya, semakin terampil pekerja yang mengerjakannya, tingkat keberhasilan top working tanaman avokad bisa semakin tinggi.

Baca Juga:  Penyakit Tanaman Bayam yang Membuat Pertumbuhannya Tidak Normal

Pekerja yang bertugas untuk melakukan teknik ini harus mampu merawat dan menggunakan alat potong yang benar. Alat-alat yang digunakan harus dipastikan steril dari penyakit agar tidak menimbulkan penyakit pada bekas luka.


loading...