Begini Cara Mengenali Beras Asli dan Beras Plastik, Jangan Sampai Salah!

0

Pertanianku – Indonesia dijuluki negara agraris karena sebagian besar rakyatnya berprofesi sebagai petani. Di tambah lagi nasi merupakan makanan pokok rakyat Indonesia. Kebutuhan akan beras pun semakin bertambah setiap tahunnya. Terkadang pemerintah harus melakukan impor guna memenuhi kebutuhan dalam negeri.

Selain itu, harga beras di Indonesia terkadang tidak stabil. Hal inilah yang membuat banyak produsen beras nakal bermunculan. Pasti Anda pernah mendengar kabar bahwa beras plastik banyak beredar di pasaran bukan? Padahal, nasi dari beras plastik ini sangat berbahaya bagi manusia!

Plastik mengandung phthalate, bahan kimia yang bisa memengaruhi hormon dan menghambat fungsi reproduksi. Karena itu, jika sampai mengonsumsi nasi dari beras plastik akan sangat berbahaya.

Yang membuat resah adalah masyarakat sulit membedakan mana beras asli dan mana beras plastik. Untuk itu, Anda harus mulai mengetahui dan mempelajari ciri-ciri beras plastik yang membahayakan kesehatan sebagaimana melansir Boldsky:

  • Ambil satu sendok makan beras dan bakar dengan korek api. Jika baunya seperti ketika Anda membakar plastik, beras tersebut mengandung plastik!
  • Panaskan satu sendok teh minyak dalam wajan dan cobalah menggoreng beras. Beras plastik mulai mencair dan membentuk lapisan di permukaan wajan.
  • Ambil satu sendok teh beras dan tambahkan ke segelas air dan aduk. Jika ada beras plastik bercampur di dalamnya, akan mengambang di permukaan air. Beras mentah asli tidak akan mengambang, tetap di bagian dasar.
  • Rebus sengenggam beras. Setelah beberapa saat, lihatlah nasi mendidih. Apakah Anda melihat lapisan tebal terbentuk di atas wadah? Bisa jadi karena plastiknya.
  • Cara lain untuk menentukan apakah beras asli atau palsu adalah dengan merebusnya selama 2 hari. Jika Anda tidak melihat jamur di atasnya, bisa jadi karena mengandung plastik. Beras plastik tidak membusuk.

Bagaimana, sekarang Anda sudah bisa membedakan mana beras asli dan mana beras plastik bukan? Tetap selalu waspada dan teliti ketika membeli beras ya!

loading...
loading...