Begini Cara Merawat Aglaonema Lipstik yang Baik dan Benar


Pertanianku — Siapa yang tertarik dengan aglaonema lipstik? Tanaman hias daun ini terkenal dengan tampilannya yang cantik dan memesona. Jika dirawat dengan baik dan benar, aglaonema lipstik tidak hanya menampilkan variasi warna daun yang cemerlang, tetapi juga komposisi daunnya yang tertata rapi layaknya disusun oleh manusia.

aglaonema logle Imageipstik
Foto: Go

Meskipun cara perawatannya mudah, beberapa trik khusus berikut ini akan membuat tanaman Anda lebih berkilau.

  1. Sediakan media tanam yang tepat

Media tanam yang pas untuk aglaonema lipstik adalah media tanam dengan tingkat pH netral atau berkisar antara 6—7. Sebagai campurannya, Anda dapat menggunakan kompos daun yang bisa dibuat sendiri dengan cara membuat pupuk kompos dari sampah organik, dan juga pasir. Komposisinya adalah 3 : 1.

Karena umumnya aglaonema lipstik ditanam di pot, pertama-tama susunlah batu bata atau pecahan genting di dasar pot. Kemudian, isi dengan media tanam yang sudah kita persiapkan tadi.

2, Intensitas penyiraman

Aglaonema lipstik tidak menyukai media tanam yang telalu basah atau juga terlalu kering. Oleh karena itu, kita harus memerhatikan intensitas penyiramannya. Lakukan penyiraman satu kali dalam sehari, atau sesuaikan dengan tingkat kelembapan media tanam. Usahakan air yang Anda pakai untuk menyiram aglaonema lipstik adalah air bersih yang bebas dari kaporit.

  1. Pemupukan aglaonema

Pemupukan yang ideal bisa Anda berikan tiga bulan sekali dengan memakai pupuk khusus tanaman hias jenis daun-daunan. Jika tidak yakin dengan pupuk pilihan Anda, Anda dapat bertanya pada penjual pupuk atau orang yang lebih berkompeten.

Adapun pupuk alami dapat Anda berikan dari air cucian beras. Kocorkan pupuk tersebut pada media tanamnya dan bukan pada daun atau batang tanaman.

  1. Penempatan aglaonema
Baca Juga:  Kembang Anting-Anting, Bunga Hias dari Dataran Amerika

Seperti halnya cara merawat bunga jemani dan tanaman hias jenis daun-daunan lainnya, aglaonema pun kurang menyukai pancaran sinar matahari yang terlalu banyak. Letakkan pot pada tempat yang teduh atau terlindung dari pancaran sinar matahari. Anda bisa meletakkannya di teras rumah, atau di dalam ruangan yang dekat dengan akses cahaya serta bersirkulasi udara lancar.