Begini Cara Merawat Ikan Hias Air Laut yang Baik dan Benar


Pertanianku — Ada berbagai jenis ikan hias yang bisa Anda pelihara. Salah satunya, yaitu ikan hias air laut. Tidak hanya untuk sekadar hobi atau hiasan, Anda juga harus tahu cara merawat ikan hias air laut di dalam akuarium.

cara merawat ikan hias air laut
Pertanianku

Tanpa merawatnya dengan baik akan menyebabkan ikan-ikan itu tidak terawat dan mati. Agar hal tersebut tidak terjadi, simak ulasan tentang cara merawat ikan hias air laut di akuarium berikut ini.

  1. Menyetel atau menyetup lingkungan pada akuarium

Pertama, masukkan air ke akuarium, lalu berikan pompa air untuk sirkulasinya. Diamkan air selama 3—4 minggu untuk pengondisian agar air mendekati aslinya. Pada tahap ini, sebaiknya jangan langsung masukkan ikan ke air karena ikan akan mati walaupun kadang ada ikan yang dapat tetap bertahan dalam kondisi air seperti itu.

Setelah itu, taruh kerikil di dasar akuarium untuk menyimpan kotoran ikan supaya tidak mengotori akuarium dan pasanglah lampu pada akuarium untuk menghangatkan air. Jangan lupa gunakan pendingin (chiller) pada akuarium yang berisi karang.

  1. Jangan memelihara ikan hias air laut terlalu banyak

Jika akuarium yang Anda miliki berukuran kecil, sebaiknya jangan memelihara ikan terlalu banyak dalam akuarium tersebut. Sebab, dalam kondisi ikan yang terlalu banyak dapat menurunkan kondisi air dan dalam kondisi air yang buruk dapat membunuh ikan.

  1. Isi dengan tumbuhan laut

Adanya tumbuhan laut juga sangat penting dalam menjaga kondisi air karena tumbuhan laut dapat mengurangi kadar nitrat yang signifikan. Ikan-ikan juga akan sangat suka dengan adanya tumbuhan laut.

  1. Pakan ikan

Pemberian pakan pada ikan haruslah diperhatikan. Sebaiknya, minta penjelasan kepada penjual saat membeli pakan karena jika memberi pakan terlalu banyak dapat mengurangi kualitas air dalam akuarium.

  1. Mengganti air laut secara rutin
Baca Juga:  Lebih Sehat Daging Kambing atau Daging Domba? Ini Jawabannya!

Mengganti air laut dalam akuarium harus dilakukan secara rutin, yaitu sekitar 2—3 minggu sekali. Anda bisa membeli air laut di toko-toko yang menjual ikan hias air laut dengan harga sekitar Rp300/liternya.

loading...
loading...