Begini Cara Merawat Si Cantik Passiflora


Pertanianku — Tahukah Anda, bunga passiflora tak hanya bisa digunakan sebagai alternatif pengobatan, namun juga memperindah taman. Tanaman obat yang mempunyai bunga cantik berwarna dominan ungu ini adalah tanaman yang merambat. Jadi, jika Anda ingin menanam tanaman obat namun juga ingin mempercantik halaman rumah, tanaman rambat passiflora-lah solusi yang paling tepat.

passiflora
Foto: Pixabay2

Meski begitu, apakah merawat tanaman obat passiflora ini sulit?

Menurut laman theherbgardener.blogspot.com, merawat passiflora tidaklah sulit. Passiflora sangat menyukai tanah dengan kondisi lembap dan tanah yang didrainase dengan baik dan memiliki pH netral, yakni antara 6,1—7,5.

Passiflora atau disebut juga passion flower bisa tumbuh di tempat yang banyak terkena sinar matahari ataupun yang terkena sedikit bayangan matahari. Sebab, tanaman ini tidak sulit dibudidayakan, dia pun bisa tumbuh di tanah yang kurang subur. Namun, ada baiknya jika Anda konsisten menyirami tanaman ini.

Tanaman ini bisa dikembangkan dengan menanam bijinya. Caranya, ambil polong biji dari tanaman yang sudah tua. Hilangkan bagian yang menyerupai agar-agar dari biji, lalu keringkan di tempat yang hangat dan gelap. Siapkan tanah yang berpasir yang telah direndam dalam air selama beberapa hari. Tanam biji passion flower ini pada tanah yang telah disiapkan.

Sayangnya, tanaman ini jika dikembangkan dari biji, akan sangat lama pertumbuhannya. Hampir setahun hanya untuk melihat kecambahnya muncul dari dalam tanah. Namun, semuanya akan terbayar saat kecambah hijau ini muncul dari permukaan tanah dan merambat serta mengeluarkan bunganya yang cantik.

Baca Juga:  Teknik Budidaya Tanaman Hias Anyelir untuk Pemula