Begini Cara Merawat Tanaman Merambat

Pertanianku — Ada beberapa jenis tanaman yang merambat, baik itu tanaman sayur, buah, maupun tanaman hias. Tanaman merambat perlu dirawat dengan cara yang benar agar dapat tumbuh dengan baik dan bentuknya tetap cantik. Umumnya, tanaman merambat digunakan untuk mempercantik carport, pergola, atau dinding di halaman. Berikut ini langkah-langkah merawat tanaman merambat yang benar.

merawat tanaman merambat
foto: Pertanianku

Semprot dengan antihama

Jika tanaman merambat yang Anda miliki bukan tanaman konsumsi seperti tanaman buah atau tanaman sayur, Anda sah-sah saja memberikan pestisida untuk melindungi tanaman dari hama. Hama yang kerap mengganggu tanaman adalah ulat, belalang, semut, atau bekicot. Penyemprotan pestisida tidak perlu rutin, cukup saat tanaman sudah terlihat diserang hama.

Pangkas tanaman secara rutin

Salah satu tantangan dari merawat tanaman hias adalah pertumbuhan tanaman merambat yang menyebabkan tanaman menjadi sangat rimbun. Oleh karena itu, tanaman perlu dipangkas secara rutin untuk mempertahankan bentuknya serta memudahkan proses perawatan. Pemangkasan dapat membuat seluruh bagian tanaman bisa mendapatkan sinar matahari dan air hujan atau air siraman.

Pemangkasan dilakukan pada ranting dan dahan yang rusak. Pemangkasan tersebut berguna untuk menghindari tanaman dari debu dan sarang laba-laba yang biasa muncul di bagian dalam tanaman.

Pemangkasan juga berguna untuk mencegah kondisi di sekitar tanaman lembap. Tingkat kelembapan yang tinggi dapat memicu serangan jamur.

Pantau kondisi ranting

Ranting tanaman yang sudah kering perlu dibuang karena bisa merobohkan tanaman. Jika tanaman merambat pada dinding, periksa bagian akar tanaman. Jika ada bagian akar yang terlalu besar, potong akar tersebut. Akar yang terlalu besar dapat merusak dinding.

Buang batang yang busuk

Batang dan daun yang busuk karena penyakit atau diserang oleh hama harus segera dibuang karena bisa menular ke batang lain. Jika perlu, Anda bisa memangkas habis seluruh bagian pangkalnya dan hanya menyisakan batang utamanya.

Baca Juga:  Prospek Manis Budidaya Melon yang Semanis Rasa Buahnya

Tanaman harus dijaga tetap berbunga

Tanaman merambat yang berbunga perlu dipangkas setelah tanaman berbunga. Pemangkasan tersebut berguna untuk merangsang munculnya cabang baru yang cenderung disertai dengan pucuk bunga baru.