Begini Cara Merawat Terrarium agar Tetap Cantik dan Bertahan Lama


Pertanianku Merawat terrarium merupakan bagian penting dalam menjaga kelangsungan hidup terrarium yang telah kita buat. Kondisi yang baik bagi terrarium harus terus kita pertahankan agar dapat memperpanjang umur tanaman hias ini.

merawat terrarium
Pixabay

Berikut ini ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk merawat terrarium agar tetap cantik dan bertahan lama menghiasi ruangan Anda.

Pemupukan

Tanaman terarium tidak terlalu banyak memerlukan pupuk, karena pupuk dapat membuat tanaman cepat besar. Gunakanlah pupuk yang berbentuk butiran untuk memperlambat pertumbuhannya.

Meskipun tanaman terrarium diletakkan di dalam ruangan, tanaman hias ini juga membutuhkan cahaya matahari langsung. Oleh karena itu, letakkan tanaman terrarium di luar ruangan tiga hari sekali.

Penyiraman

Penyiraman untuk terrarium sebetulnya cukup mudah karena dilaksanakan dengan interval yang jarang, serta volume air yang tidak banyak.

Penyiraman terrarium tertutup sebetulnya cukup dilakukan satu kali ketika terrarium tertutup tersebut dibuat. Selanjutnya, siklus hidrologi akan terjadi dengan sendirinya sehingga kelembapan dalam terrarium tetap terjaga.

Terrarium terbuka sebaiknya disiram tiga hari sekali dengan volume  air secukupnya. Jika terlalu menggenang, akar tanaman akan mudah busuk dan lambat laun tanaman terrarium akan mati.

Pemangkasan

Pemangkasan dilakukan pada daun tanaman yang telah menguning sebelum daun-daun jatuh ke dasar terrarium. Pemangkasan dilakukan dengan menggunakan gunting yang memiliki ujung lebih panjang agar dapat dengan mudah menjangkau tanaman.

Ketika tanaman  terrarium sudah tumbuh subur atau memenuhi media tanam, maka perlu dilakukan pembongkaran. Pembongkaran meliputi penggantian media dan pemulihan tanaman.

Pemangkasan tidak mutlak harus dilakukan, namun akan diperlukan jika tanaman dalam terrarium sudah berumur lebih dari 1 tahun. Tanaman yang sudah lama tumbuh dalam terrarium akan berkembang dan mempunyai biomasa yang bertambah. Untuk itu, perlu pemangkasan dengan tujuan desain ulang.

Baca Juga:  Merinding! Fakta Gunung Agung, Gunung Paling Keramat di Bali

Penyinaran

Penyinaran berkaitan erat dengan penempatan tanaman terrarium dalam ruangan Tidak selalu tempat menyimpan terrarium mendapatkan cahaya yang baik.

Tempat yang ideal adalah tempat yang mendapat cahaya matahari secara tidak langsung intensitas cahaya sekitar 70%. Selain untuk kebutuhan tanaman, cahaya tersebut dapat menambah gradasi warna pada sebuah sudut pandang dalam ruangan.

loading...
loading...