Begini Cara Merebus Kerang agar Tidak Alot

Pertanianku — Kerang menjadi salah satu jenis kuliner bahari yang banyak diminati. Rasanya yang lezat dengan tekstur kenyal membuat kerang menjadi salah satu primadona. Apakah Anda salah satu penggemar kerang? Begini cara merebus kerang yang baik agar teksturnya tidak alot tanpa mengurangi kekenyalan kerang.

cara merebus kerang
Foto: pixabay

Kerang sendiri sangat banyak jenisnya. Beberapa jenis kerang yang paling banyak dikonsumsi antara lain kerang darah, kerang hijau, kerang bambu, hingga kerang macan. Tips cara merebus kerang ini bisa diterapkan pada berbagai jenis kerang tersebut.

Kerang biasa dijual dalam keadaan masih tertutup cangkang. Hal ini membuat kerang menjadi lebih terjaga dan Anda pun bisa memastikan bahwa kerang yang dipilih masih segar. Hal ini penting karena kerang yang masih segar akan memiliki rasa dan tekstur yang lebih enak daripada kerang yang sudah disimpan dalam waktu cukup lama.

Loading...

Bersihkan kerang yang sudah disiapkan. Siapkan jeruk nipis atau jeruk lemon. Kerang yang sudah dibersihkan, kemudian direndam dengan tambahan perasan air jeruk nipis atau air jeruk lemon. Namun, Anda bisa melewati cara ini jika kurang menyukai jeruk.

Saat merebusnya pun, Anda bisa menambahkan rempah-rempah sesuai selera. Biasanya, kerang direbus dengan tambahan bumbu berupa jahe, serai, bawang putih, dan bawang merah. Tambahan bumbu ini diberikan untuk mengurangi rasa dan aroma amis dari kerang.

Sebelum merebus, sebaiknya pilih panci yang antilengket. Panci antilengket atau saute pan bisa digunakan untuk merebus kerang supaya memudahkan dalam proses pengadukan. Bumbu yang biasa menempel pada panci pun tidak gosong atau lengket sehingga tidak mengganggu cita rasa kerang.

Merebus kerang sebaiknya cukup menggunakan api sedang. Tutup panci saat perebusan kerang tersebut. Uap panas yang dihasilkan dari perebusan bisa membuat kerang lebih cepat masak.

Baca Juga:  Cara Membuat Gluten atau Daging Sintetis ala Vegan dan Vegetarian

Sebaiknya, gunakan panci dengan penutup kaca supaya mudah terlihat bagian dalamnya. Rebus selama kurang lebih lima menit. Perhatikan bagian kerang saat perebusan. Ketika cangkang kerang sudah terbuka, segera matikan api.

Perebusan yang terlalu lama bisa membuat daging kerang menjadi alot. Hal ini karena daging kerang menjadi mengerut dan kehilangan kadar airnya.

Loading...
Loading...