Begini Cara Mudah Mengupas Kiwi

Pertanianku — Ada berbagai cara mengupas kiwi yang bisa Anda lakukan sebelun mengonsumsi buah hijau yang satu ini. Bagian dari buah kiwi yang dikonsumsi adalah daging buahnya. Kulit buah kiwi berwarna kecokelatan dan berbulu halus tidak bisa dikonsumsi sehingga harus dikupas terlebih dahulu. Berikut ini berbagai cara mudah mengupas buah kiwi.

cara mengupas kiwi
Foto: pixabay

Gunakan pisau

Cara ini merupakan cara mengupas buah kiwi yang paling sederhana. Sebelumnya, cuci buah kiwi hingga bersih dengan air mengalir. Mengupas buah kiwi dengan pisau diawali dengan mengupas bagian atas dan dasar buah terlebih dahulu. Kuliti buah kiwi hingga kulitnya terkelupas. Pengupasan jangan dilakukan terlalu tebal karena bisa membuang daging buah kiwi.

Loading...

Gunakan sendok

Anda juga bsia menikmati buah kiwi dengan menggunakan sendok. Pilih sendok yang tidak merusak buah. Gunakan sendok stainless steel yang memiliki bahan keras. Selain itu, pilih yang memiliki permukaan cukup tajam.

Cara mengupas kiwi dengan sendok adalah dengan memotong buah kiwi menjadi dua bagian terlebih dahulu menggunakan pisau. Kemudian, nikmati dengan menggunakan sendok secara langsung.

Anda juga bisa membuang bagian atas dan dasar buah terlebih dahulu. Jika sudah, masukkan sendok secara perlahan ke sela-sela kulit kiwi. Putar sendok hingga mengelilingi buah kiwi. Kiwi pun dikeluarkan dalam bentuk silinder akibat cetakan dari sendok tersebut.

Menggunakan peeler

Kini, sudah banyak tersedia alat pengupas buah yang bisa digunakan untuk mengupas beragam jenis buah. Salah satunya adalah buah kiwi. Kupas kiwi menggunakan peeler dengan cara menekannya hingga mengelilingi buah tersebut.

Salah satu keunggulan mengupas dengan peeler adalah alat ini memungkinkan kulit buah yang terkupas tidak terlalu tebal sehingga tidak membuang daging buah berlebihan. Selain itu, bentuk buah kiwi pun bisa terkupas dan masih berbentuk bulat lonjong.

Baca Juga:  Cara Mudah Membuat Obat Diare dari Kulit Manggis

Blansir

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengupas kiwi adalah dengan metode blansir. Cara ini dilakukan dengan melakukan perebusan selama setengah menit pada air suhu mendidih. Kemudian, buah kiwi diangkat dan dipindah ke dalam air bersuhu es selama setengah menit.

Cara ini relatif lebih cepat dan bisa mengupas kulit kiwi secara sempurna. Hanya saja, jika Anda terlalu lama merendamnya dalam air panas, buah kiwi justru akan matang dan menjadi lembek. Oleh karena itu, blansir harus dilakukan dengan hati-hati.

Loading...
Loading...