Begini Cara Panen Buah Salak yang Benar


Pertanianku — Banyak yang menanyakan bagaimana cara panen buah salak yang benar? Sebelumnya perlu diketahui, periode panen buah salak dalam masa panennya terdapat empat musim dalam setiap tahun.

panen buah salak
Shutterstockk

Biasanya, panen raya terjadi pada November, Desember, dan Januari. Lalu, panen sedang pada Mei, Juni, dan Juli. Sementara, panen kecil pada Februari, Maret, dan April. Dan, masa istirahat pada Agustus, September, dan Oktober.

Umumnya, buah salak tidak matang secara serempak. Maka, jangan heran apabila dalam suatu tandan ada buah yang sudah matang dan buah yang masih mentah. Karena itu, proses pemanenan buah ini harus dikerjakan secara teliti untuk memilih buah mana yang layak panen.

Selanjutnya, petiklah buah salak yang telah matang dan biarkan buah yang masih mentah tetap berada di pohon supaya matang secara alami. Untuk itu, Anda perlu memahami dan mengenali cirri-ciri salah yang layak untuk dipanen.

Buah salak bisa dikatakan layak panen apabila kondisinya sudah matang sempurna di pohon. Biasanya buah tersebut akan matang dalam waktu 6 bulan setelah proses mekarnya bunga.

Buah salak yang telah matang mempunyai sisik yang tidak terlalu banyak, warna kulitnya berubah menjadi merah kehitaman atau kuning tua. Selain itu, bulu-bulu yang menyelimuti permukaan buahnya pun sudah hilang.

Anda juga bisa mencoba meraba tekstur dari buah salak tersebut. Apabila ujung kulit buah, yakni bagian buah yang meruncing sudah terasa lunak ketika ditekan, besar kemungkinannya buah tadi sudah matang.

Ciri-ciri lainnya, yaitu permukaan buahnya mengkilat. Sangat mudah dipetik karena mudah terlepas dari tangkainya, dan mengeluarkan aroma yang cukup kuat khas buah salak.

Pemetikan buah salak paling baik dilakukan terhadap buah yang hampir matang sehingga waktu penyimpannya lebih lama. Sementara, buah yang telah matang di pohon memiliki waktu simpan yang pendek, tetapi kualitasnya lebih bagus.

Baca Juga:  Keunggulan Pamelo Merah yang Tidak Dimiliki Jenis Pamelo Lainnya

Sementara untuk buah yang masih mentah, buah ini sebaiknya tetap dibiarkan berada di pohon agar matang dengan sendirinya.

Proses pemetikan buah salak dari tangkai buahnya tidak terlalu sulit. Anda bisa memilah-milah buah salak yang layak panen terlebih dahulu. Selanjutnya, potonglah tangkai buahnya menggunakan pisau. Untuk buah yang telah matang, biasanya langsung bisa dipetik hanya menggunakan tangan.

loading...
loading...