Begini Cara Pemangkasan Tanaman Paprika yang Benar


Pertanianku — Permintaan paprika terus meningkat terutama untuk hotel, restoran, katering, dan pasar swalayan di kota-kota besar. Mengingat masih terbatasnya petani yang membudidayakan paprika, perlu perlakuan khusus untuk meningkatkan produktivitas buah paprika. Salah satunya, yaitu dengan melakukan pemangkasan tanaman paprika yang baik dan benar seperti berikut ini.

pemangkasan tanaman paprika
Foto: Shutterstock

1. Pemangkasan cabang dan tunas

Pemangkasan ini merupakan usaha untuk mengurangi jumlah cabang dan tunas. Jika pemangkasan ini tidak dilakukan, tanaman akan lambat berbuah dan memberikan produksi yang rendah karena hasil metabolisme tanaman sebagian besar terpakai untuk pertumbuhan vegetatif.

Pemangkasan tunas dilakukan sebelum tanaman bercabang, sedangkan pemangkasan cabang dilakukan setelah tanaman membentuk cabang-cabang. Beberapa cabang utama dipangkas hingga tersisa 2 cabang utama tanpa atau dengan satu cabang sekunder. Pemangkasan dilakukan sampai bunga dipelihara tumbuh dan mekar.

Pemangkasan tunas muda (tunas lateral) dilakukan pada semua tunas yang tumbuh pada ketiak daun. Tanaman akan membentuk cabang lagi pada ujung-ujungnya. Cabang-cabang yang terbentuk ini harus dipangkas lagi, disisakan dua cabang. Demikian seterusnya, sampai pertumbuhan tanaman paprika maksimal.

2. Pemangkasan daun

Pemangkasan daun pada tanaman paprika dilakukan terhadap daun-daun yang telah tua, daun pada bagian bawah sampai pada percabangan, daun-daun yang sakit, serta daun-daun yang terserang hama dan penyakit. Daun-daun, tunas serta cabang-cabang yang telah dipangkas sebaiknya langsung dibakar agar hama dan penyakit tidak menular ke tanaman lain yang sehat.

3. Pemangkasan bunga

Pemangkasan bunga pada tanaman paprika bertujuan memperoleh buah paprika yang berkualitas baik. Pemangkasan bunga dilakukan terhadap bunga yang muncul pertama dan kedua kali (di atas percabangan utama) atau bunga yang terbentuk di cabang utama harus dibuang.

Baca Juga:  Enam Jenis Pisang yang Paling Sering Dikonsumsi

Tanaman paprika mulai berbunga pada umur 3 minggu setelah pindah tanam. Biasanya, bunga mulai muncul sebelum tanaman membentuk percabangan (cabang-cabang utama). Bunga-bunga yang muncul pertama ini harus segera dibuang supaya pertumbuhan cabang tanaman dapat terus berlangsung dan tidak terganggu oleh perkembangan bunga menjadi buah. Selain itu, supaya pembentukan bunga di percabangan dapat berlangsung lebih baik.

4. Pemangkasan buah

Pemangkasan buah pada budidaya paprika terutama dilakukan terhadap buah-buah yang rusak akibat terserang hama dan penyakit, ataupun pada buah yang tidak normal pertumbuhannya. Buah-buah yang rusak harus segera dipangkas atau dipetik dan dibuang karena dapat menjadi sumber kontaminasi hama dan penyakit.

Pada umur 6—7 minggu setelah tanam, buah yang tumbuh berdempetan, salah satunya harus dibuang. Ketika berumur 8—10 minggu setelah tanam, dilakukan pemangkasan buah lagi dengan menyisakan 3—4 buah per pohon.

loading...