Begini Cara Pemerintah Atasi Kelangkaan Garam


Pertanianku – Sejak beberapa pekan terakhir Presiden RI Joko Widodo menerima banyak keluhan dari sejumlah kepala daerah terkait persoalan langkanya garam. Hal ini mengakibatkan gejolak yang cukup signifikan tentunya. Melambungnya harga garam tentu saja mendapatkan respons dari hampir seluruh masyarakat Indonesia.

Menurut Sjarif Tjitjip Soetardjo mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), untuk bisa memenuhi kebutuhan garam, yang terpenting adalah bagaimana pemerintah harus turun tangan dan memberikan dorongan pada petani garam. Jika langkah tersebut dirasa belum cukup optimal, seharusnya pemerintah harus mengimpor garam.

Pascaimpor, pemerintah harus benar-benar menjaga stok garam. Sjarif mengatakan, jangan sampai meskipun sudah impor, Indonesia masih kekurangan garam yang mengakibatkan harga harga garam kembali tinggi.

“Pemerintah harus turun dan berikan support. Kalau emang kurang ya memang harus impor berarti kekurangan itu harus dijaga selama ini,” jelas Sjarif, seperti melansir Okezone (2/8).

Mantan Menteri KKP ini lantas membandingkan kondisi saat ini dengan ketika dirinya bertugas di Kementerian tersebut. Dimana ketika itu, produktivitas dan harga garam relatif lebih terjaga bahkan berlimpah.

“Pada 2011—2014 malah imbasnya masih baik sekarang anjlok mungkin ada masalah-masalah lain seperi iklim dan lainnya, tapi management dalam penggarapan garam rakyat harus diatur dan dibina di-support ini yang harus dilaksanakan,” lanjut Sjarif.

Baca Juga:  Miris! Puluhan Desa di Gresik Alami Kekeringan
loading...
loading...