Begini Cara Penebaran Benih Ikan Lele yang Tepat

Pertanianku — Penebaran benih tidak bisa dianggap sepele. Pasalnya, ketika Anda asal-asalan menebar benih, ikan yang dipelihara akan stres dan berujung pada kematian. Jika Anda tidak mau rugi dalam proses pemeliharaan, lakukan penebaran benih ikan lele yang benar seperti di bawah ini.

penebaran benih ikan lele
foto: pertanianku

Tentukan benih yang akan ditebar

Benih bisa Anda dapatkan dengan membelinya di pembenih ataupun pengepul. Harga benih bervariasi dan biasanya bergantung pada ukuran benih. Membeli benih sebaiknya tidak dilakukan di tempat yang cukup jauh. Selain biaya transportasi yang mahal, potensi benih mati akan semakin besar.

Benih sebaiknya didapatkan dari indukan yang berkualitas seperti lele sangkuriang ataupun paiton. Ukuran benih yang dipilih sebaiknya seragam, bebas dari penyakit, gerakannya lincah, tidak ada luka atau cacat, dan posisi ikan dalam air normal tidak menggantung. Ukuran yang tidak seragam akan membuat ikan lele yang berukuran kecil akan dimangsa dengan lele yang lebih besar, mengingat ikan lele memiliki sifat kanibal.

Waktu penebaran benih ikan lele yang tepat

Waktu yang tepat untuk menebar benih adalah pada pagi hari pukul 08.00—09.00 atau pada sore hari pukul 15.30—16.30 untuk menghindari suhu yang terlalu panas karena cahaya matahari. Kondisi suhu yang tidak terlalu panas dapat membuat benih ikan menjadi lebih sehat dan tidak stres atau kaget.

Benih yang sudah ditebar ke kolam tidak dapat langsung diberikan pakan. Benih harus dipuasakan dulu selama satu hari. Setelah itu, benih baru bisa diberi pakan.

Cara penebaran benih yang benar

Benih lele yang akan ditebar sebaiknya dilakukan treatment adaptasi atau aklimatisasi dengan kondisi kolam. Hal ini dikarenakan kondisi media angkut benih akan berbeda dengan kondisi kolam dari segi suhu dan pH. Adanya perubahan kondisi tersebut dapat membuat benih stres karena lingkungan yang berubah.

Baca Juga:  Langkah Mudah Mengatasi Ikan Arwana yang Stres

Benih yang stres akan menyebabkan daya tahan tubuhnya menjadi lemah sehingga mudah terserang beragam penyakit dan bahkan dapat menyebabkan kematian.

Proses aklimatisasi dapat dilakukan dengan langkah pertama, yakni mengapungkan wadah atau media yang berisi benih di atas kolam selama 10—15 menit untuk menyesuaikan suhu. Untuk mempercepat proses penyesuaian suhu, Anda dapat memasukkan air kolam sedikit demi sedikit ke wadah.

Jika suhu sudah sesuai, Anda dapat memiringkan wadah atau media benih secara perlahan ke dalam kolam. Biarkan benih keluar sendiri dari media ke kolam.


loading...