Begini Caranya agar Alpukat Tak Cepat Berubah Warna


Pertanianku – Buah alpukat atau disebut juga avokad menjadi salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi. Buah yang satu ini akan cepat berubah warna menjadi kecokelatan ketika dibelah. Perubahan warna tersebut dihasilkan dari oksidasi, atau reaksi kimia yang terjadi ketika buah terpapar udara.

Foto: pixabay

Itu sebabnya, sebaiknya ketika dibelah alpukat harus cepat dikonsumsi. Ketika telah berubah warna menjadi cokelat, buah tak lagi enak jika dikonusmsi. Namun, Anda tak perlu khawatir. Pasalnya, perubahan warna pada alpukat dapat diminimalisir dengan beberapa cara.

Pasti Anda penasaran ‘kan bagaimana caranya?

  1. Pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan menambahkan cairan asam seperti perasan air lemon pada daging buah. Teknik ini bisa bermanfaat karena cairan asam mencegah enzim yang menyebabkan munculnya warna kecokelatan berhenti bekerja.
  2. Menggunakan plastik pembungkus makanan untuk menghadang peristiwa oksidasi. Pastikan membungkus alpukat secara rapat sehingga tak ada udara yang masuk. Harold McGee dalam bukunya, On Food and Cooking: The Science and Lore of the Kitchen, solusi ini sangat berguna untuk alpukat yang telah terbelah dua dan ada lubang di salah satu bagiannya.
  3. Untuk menjaga agar alpukat tetap segar, yakni menyimpannya bersama bawang merah atau mengoleskan minyak zaitun pada daging buah.

Namun, sesungguhnya menjaga alpukat agar tidak berubah warna menjadi cokelat berarti menjauhkannya dari udara, dan selama Anda mengingat nasihat itu, perubahan warna bisa diminimalisir.

Baca Juga:  Keunggulan Pamelo Merah yang Tidak Dimiliki Jenis Pamelo Lainnya
loading...
loading...