Begini Caranya Agar Terhindari dari Gigitan Kutu Laut


Pertanianku – Belum lama ini seorang remaja pria berusia 16 tahun asal Australia dikejutkan karena kakinya yang tiba-tiba terjadi pendarahan serius dari kedua kakinya. Hal tersebut diduga akibat serangan dari kutu laut. Memang, ketika hal tersebut terjadi Sam tengah berendam di tepi pantai Brighton, Melbourne, Australia, Sabtu malam, 5 Agustus 2017.

Ahli biologi kalautan, Genefor Walker Smith, angkat suara perihal tragedy tersebut dan ia mengatakan bahwa makhluk kecil yang membuat sam terluka sebenarnya bukanlah kutu pada umumnya, hewan kecil tersebut adalah amphipoda lysianassid, yakni sejeniskrustasea pemakan bangkai atau yang biasa disebut sea fleas.

Menurut Genefor, sea fleas ada di setiap perairan laut. Bahkan keberadaannya bisa mencapai ratusan juta. Itu sebabnya, manusia yang tengah berenang tidak akan terhindar dari amphipoda lysianassid.

Namun, meski demikian Anda bisa menghindarinya. Ada sejumlah cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi kemungkinan di gigit amphipoda lysianassid.

  1. Berenang pada di siang hari. Menurut Genefor, sea fleas lebih aktif pada senja dan malam hari untuk menghindari predator.
  2. Perhatikan tempat kita menginjakkan kaki. Sea fleas ingin memakan ikan mati bukan kaki kita. Apabila kita menginjakkan kaki tepat di atas ikan yang mati, sea fleas akan akan bingung dan akan memakan kaki kita sebagai gantinya.
  3. Perhatikan tempat kita berjalan dan berenang, terutama apabila airnya dingin sehingga tidak bisa merasakan kulit kita sendiri.
  4. Terus bergerak. Sea fleas tidak bisa menempel di bagian tubuh kita jika kita terus bergerak. Jadi, jangan berdiam diri terlalu lama di satu tempat.
  5. Jangan mengeluarkan darah di air. Darah di air dapat menarik predator atau apapun yang memakan darah sehingga jangan pergi ke air jika mempunyai luka yang terbuka.
  6. Setelah berenang di air asin, segera mandi dengan air bersih. Hal ini dilakukan agar tubuh kita tidak terkena dampak yang lebih parah karena gigitan kutu laut.
  7. Bilaslah pakaian menggunakan cuka atau alkohol. Karena bisa saja kutu laut itu masih menempel pada baju renang yang kita gunakan.
  8. Mengoleskan cuka pada daerah kulit yang terkena kutu laut. Cuka termasuk obat yang efektif untuk gigitan kutu laut
  9. Mengoleskan kortikosteroid dan hidrogen peroksida encer pada daerah yang terkena kutu laut. Hal ini dilakukan untuk penyembuhan cepat dan untuk menghambat infeksi kulit lainnya.
Baca Juga:  Manfaat Wortel Tak Hanya untuk Mata, Ini Manfaat Lainnya!
loading...
loading...