Begini Caranya Atur Cahaya untuk Kandang Layer


Pertanianku – Ketika menjalankan usaha beternak ayam, kandang merupakan salah satu hal yang penting bagi perkembangan ayam nantinya. Dalam budidaya layer (ayam petelur), saat DOC (ayam umur sehari) berada di kandang postal dan ada risiko lumpuh kalau tidak ada penerangan, maka pencahayaan menggunakan lampu dilakukan selama 24 jam sampai umur 1,5 bulan.

Foto: pixabay

 

Setelah itu, masuk ke fase grower sampai umur 3,5 bulan. Pada malam hari tidak menggunakan penyinaran lampu sama sekali alias gelap gulita.

Tidak adanya penerangan lampu pada malam hari di masa grower itu, Hardi melanjutkan penjelasan, diakuinya membuat susah mengejar tingkat konsumsi pakan pada malam hari sehingga target berat badan ayam sulit tercapai. Namun, ia memiliki trik lain agar berat badan ayam bisa tercapai.

Caranya dengan mengosongkan tempat pakan pada siang hari sehingga merasa lapar, dan mengisi penuh tempat pakan ketika sore hari. Tujuannya, ayam makan sebanyak-banyaknya dan kenyang sebelum lingkungan kandang gelap dan makan berikutnya dilanjutkan pada pagi hari.

“Dengan begitu berat badan bisa tercapai. Lagi pula kalau pakan diberikan pada ayam di siang hari juga tidak baik,” ujar Hardi Suyono, pemilik peternakan layer Bintang Farm di Sleman, Yogyakarta.

Sampai ayam ini masuk fase layer atau produksi telur, masih menurut Hardi, malam hari tidak menggunakan penerangan lampu.

“Karena ayam sudah terbiasa tidak memakai lampu seperti pada fase grower sehingga kalau pakai lampu tidak memberikan pengaruh yang signifikan,” jelasnya.

Praktis, di peternakan dengan kandang terbuka (open house) miliknya, Hardi mengandalkan cahaya utama dari sinar matahari pada siang hari.

Ketika produksi layer mencapai 5%, ia melakukan penambahan lighting (lampu/pencahayaan) di kandang menggunakan lampu dengan total waktu selama 3 jam.

Baca Juga:  Budidaya Tokek Itu Gampang, Begini Caranya!

“Layer mulai produksi 5% rata-rata di umur 18—20 minggu, sementara untuk puncak produksi kalau pullet bagus bisa pada umur 25 minggu tetapi kalau kurang bagus bisa mundur pada umur 30 minggu,” tuturnya.

Penambahan lighting ini dilakukan secara bertahap 1 jam setiap minggu hingga mencapai total penambahan 3 jam. Adapun waktu mulai penambahan lighting dengan lampu tidak memakai jam tertentu karena setiap hari mulai gelapnya berbeda-beda tergantung keadaan lingkungan yang terkadang terang, hujan, atau mendung.

“Ada kalanya lampu dihidupkan mulai pukul 16.30, 17.00 bahkan 19.00. Prinsipnya setelah gelap lampu dihidupkan mengikuti kondisi cuaca setiap musim,” ungkap Hardi.

loading...
loading...