Begini Caranya Membuat Jus Sayur Jadi Lebih Sedap


Pertanianku – Sama seperti buah-buahan, sayuran juga diperlukan oleh tubuh karena kaya akan serat, enzim vitamin serta mineral. Jus sayur mentah memiliki kandungan zat gizi lebih tinggi dibanding sayuran hijau yang sudah diolah.

Foto: pixabay

Tidak hanya itu, zat gizi pada olahan sayuran dalam bentuk aneka jus lebih mudah dicerna, lebih cepat diedarkan oleh darah sehingga tubuh tidak kekurangan asupan zat-zat yang diperlukan untuk proses metabolisme.

Kombinasi buah dan sayur bisa menghasilkan jus yang menyehatkan dan bergizi. Sayangnya, tak semua orang menyukai rasa sayur yang diolah menjadi jus.

Padahal, kandungan klorofil pada sayuran hijau berperan penting dalam dan meremajakan sel-sel tubuh. Kandungan seratnya berfungsi dalam membantu proses pengeluaran racun.

Menurut Chef Yuda Bustara, rasa sayur yang menonjol bisa disiasati dengan pemberian buah berserat.

“Sebenarnya yang bikin nggak enak itu rasa klorofilnya. Tapi bisa disiasati dengan dikombinasikan dengan buah berserat seperti semangka dan nanas,” ungkapnya.

Mengolah sayur dan buah menjadi jus merupakan salah satu cara agar seseorang memenuhi kebutuhan nutrisi dari sayur dan buah yang mungkin enggan jika dikonsumsi secara langsung.

Bahkan, seorang pakar gizi, yakni dr. Grace Judio-Kahl menyatakan bahwa mengonsumsi jus dapat membantu proses prapencernaan untuk tubuh karena buah-buahan dan sayuran sudah terkonversi menjadi nutrisi dalam bentuk cair yang mudah diserap dalam proses pencernaan.

Baca Juga:  Rutin Makan Buncis Bisa Menambah Energi
loading...
loading...