Begini Caranya Membuat Kolam Belut dengan Mudah

Pertanianku – Belut merupakan salah satu komoditas perikanan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Selain rasanya yang lezat dan gurih, belut juga mengandung protein yang sangat tinggi. Inilah yang membuat banyak orang tertarik untuk membudidayakan belut. Bahkan, beberapa pelaku usaha mampu meraup omset hingga puluhan juta lewat usaha ternak belut.

Bagi Anda yang ingin menggeluti usaha ternak belut. Terdapat hal yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan budidaya, yakni membuat kolam belut.

Berikut cara tepat membuat kolam belut:

Ukuran kolam

Kolam merupakan tempat bernaungnya belut. Ada baiknya kolam dibuat dengan ukuran 2 × 5 meter. Kolam dengan ukuran tersebut bisa diisi sekitar 50 kg bibit belut. Dan, ketika panen bisa menghasilkan 250 kg belut.

Pengisian kolam

Setelah kolam siap, ada baiknya Anda terlebih dahulu memasukkan gedebok pisang, jerami, pupuk kandang ke dalam kolam. Hal tersebut dilakukan untuk mempercepat proses pembusukan di dalam kolam. Selanjutnya, kolam ditambahkan lumpur kering dan air dengan kedalaman minimal 15 cm. Dan, diamkan kolam sekitar 2 minggu, lalu masukkan bibit belut.

Beri pakan alami

Untuk pemberian pakan, Anda bisa memberikan pakan alami seperti keong, kodok, ataupun cacing. Pemberian pakan alami tersebut akan mempercepat proses pertumbuhan belut. Sebaliknya, jika Anda memberi pakan buatan seperti pelet, pertumbuhan belut akan terhambat.

Beri pakan secara teratur

Usahakan untuk pemberian pakan belut jangan sampai terlambat. Anda bisa memberi pakan belut 2 kali sehari. Namun, jika Anda telat memberi pakan, belut akan bersifat kanibal, akan saling menyantap sesamanya.

Bagaimana, tidak terlalu sulit bukan untuk membuat kolam belut? Tertarik mencobanya?!

loading...
loading...