Begini Caranya Menanam Bougenville dari Benih

Pertanianku Menanam bougenville bisa dilakukan di mana saja. Tanaman ini sangat sesuai tumbuh di iklim tropis dan kawasan khatulistiwa seperti Indonesia. Bahkan, tanaman semak ini mampu tumbuh hingga ketinggian 10 meter.

Menanam bougenville
Foto: pixabay

Menanam bougenville dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti cangkok, setek, dan menanam langsung dari bijinya. Biji bougenvillesendiri terdapat di bagian tengah bunga. Pilih indukan bunga yang berkualitas.

Siapkan benih bunga bougenville yang sudah berumur. Anda bisa memotong bagian bunganya. Kemudian, jemur bunga tersebut langsung di bawah sinar matahari. Jika sudah kering, ambil biji bunga bougenville.

Biji yang sudah dikeringkan kemudian disemai dengan menggunakan campuran tanah, sekam padi, dan pupuk kandang dengan perbandingan yang sama satu sama lain. Cara menyemai adalah dengan membenamkan biji ke media tanam. Siram media tanam dan biarkan selama lebih dari tujuh hari.

Biji bunga kemudian akan berkecambah dan mulai tumbuh beberapa helai daun. Bibit tersebut mulai bisa digunakan jika sudah mencapai tinggi kurang lebih 30 cm.

Setelah bibit siap, tahapan selanjutnya adalah menyiapkan media tanam. Media tanam yang digunakan merupakan tanah yang berpasir. Tanaman asal Amerika Selatan ini dapat tumbuh optimal di media pasir yang bersifat porous, yaitu punya pori-pori atau lubang kecil.

Bagian atas pasir tersebut bisa ditutup dengan campuran tanah dan pupuk kandang sebanyak dua per tiga bagian. Penyiraman bunga ini memerlukan air seperti halnya tanaman lain. Namun, bunga ini juga tidak memerlukan terlalu banyak air. Penyiraman yang berlebihan dikhawatirkan justru membuat tanaman busuk.

Apabila tanaman sedang mengalami masa kering, tanaman ini tidak perlu disiram sama sekali. Masa kering ditandai dengan kemunculan kuncup bunga. Pengeringan akan menstimulasi bunga untuk mekar. Masa ini akan terjadi selama beberapa hari.

Baca Juga:  Berkat Inovasi Teknologi, Produksi Benih Kentang dan Krisan Meningkat

Selain penyiraman, pemangkasan merupakan hal yang harus rutin dilakukan jika ingin memelihara tanaman hias ini. Pemangkasan bertujuan agar tanaman menjadi lebih rapi. Selain itu, pemangkasan juga akan merangsang untuk tumbuh ke atas dan berbunga.

Terlalu banyak daun pada tanaman ini justu membuat nutrisi pembungaan terhambat. Jika ranting atau batang memiliki banyak daun, Anda bisa sekaligus memangkas ranting dan batang tersebut.

Usahakan Anda meletakkan tanaman ini pada tempat yang terkena cahaya matahari langsung. Bunga akan tumbuh kurang lebih selama satu bulan sekali.

Loading...