Begini Caranya Mendapatkan DOC Ayam Petelur Berkualitas

Pertanianku—DOC atau day old chicken merupakan ayam berumur satu hingga empat belas hari yang digunakan sebagai bibit untuk diternakkan. Tentunya, DOC yang berkualitas bisa mengembangkan peternakan yang Anda miliki. Berikut ini cara mendapatkan DOC ayam petelur berkualitas.

mendapatkan DOC ayam petelur
Foto: pixabay

Rekomendasi teman

Tanyakan kepada teman Anda yang menekuni bisnis ayam petelur. Semakin banyak relasi yang Anda miliki, semakin besar kesempatan untuk memperoleh DOC ayam petelur yang berkualitas.

Loading...

Peternakan ayam terpercaya

Mau tidak mau, survei merupakan hal yang harus dilakukan untuk memastikan apakah peternakan ayam tersebut memiliki DOC yang berkualitas atau tidak. Anda juga bisa memilih bibit DOC secara langsung.

Beternak sendiri

Harga pembelian bibit seringkali tidak begitu stabil. Oleh karena itu, cara paling mudah adalah dengan beternak sendiri. Beternak sendiri adalah cara paling aman. Walaupun demikian, cara ini tidak dianjurkan bagi peternak pemula karena rentan terjadi kegagalan. Namun, bila Anda sudah menguasai, tidak ada salahnya selain dipakai sendiri juga dijual kepada orang lain karena harganya menjanjikan.

Peternakan ayam petelur akan sangat menguntungkan bila berjalan efektif. Namun sayangnya, tidak semua ayam dapat produktif menghasilkan telur. Memilih DOC ayam petelur dapat membantu menyukseskan usaha Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda sudah melakukan tiga cara di atas.

Jika sudah, lakukan perawatan yang benar kepada ayam petelur.

Pertama, Anda harus memberi makanan dan air untuk pakan secara cukup untuk ayam setelah berada di dalam kandang. Lakukan pengenalan pakan kepada ayam dan pastikan nutrisinya tercukupi.

Letakkan tempat pakan berdekatan dengan tempat minum agar mudah dijangkau. Lihat cara ayam tersebut makan. Jika ada beberapa ayam yang belum mendapat makanan, dekatkan tempat pakan ke arah ayam tersebut atau bila perlu Anda bisa mendekatkan dengan telapak tangan Anda.

Baca Juga:  Langkah Mudah Mengobati Itik yang Cacingan

Periksa tempat makan dan tempat minum ayam tersebut. Pemeriksaan ini bertujuan meminimalkan penyakit dan bakteri yang bisa ditularkan dari tempat kotor.

Loading...
Loading...