Begini Caranya Mengolah Daging Beku


Pertanianku – Daging merah merupakan salah satu makanan wajib dikonsumsi manusia untuk memenuhi kebutuhan protein hewani. Namun, perlu Anda ingat mengonsumsi daging merah sebaiknya jangan berlebihan. Hal ini karena bukan manfaat yang akan Anda dapat, melainkan beragam gangguan kesehatan.

Ketika membeli daging merah, pasti Anda akan menyisakan daging tersebut. Sisanya, tentu akan Anda masukkan ke freezer untuk dimasak lain waktu. Akan tetapi, mengolah daging dalam keadaan beku membutuhkan sedikit perlakuan khusus agar kelezatan cita rasa daging tetap terjaga.

Sebelum dibekukan, founder MEAT and MEAT William Lu mengatakan, masyarakat harus memilih daging dengan kualitas baik terlebih dahulu. Daging berkualitas bisa dinilai dari bau dan warna yang masih terlihat segar.

“Kita harus benar-benar mengetahui daging ini dipotongnya kapan,” kata William, belum lama ini.

Setelah membeli, daging dapat disimpan dalam keadaan beku di freezer. William mengatakan suhu lemari pembeku yang ideal untuk menyimpan daging adalah 18°C. Alasannya, suhu 18°C membuat daging benar-benar membeku sehingga bakteri tidak dapat berkembang biak di dalamnya.

“Kalau tidak keluar-masuk kulkas, bisa (bertahan) tiga bulan,” tambahnya.

Sebaliknya, suhu di atas 18°C tidak dapat menyimpan daging dalam keadaan beku sempurna. Akibatnya, dalam rentang waktu 1—2 bulan, daging sapi dan ayam bisa mengalami perubahan.

Jika daging beku ini ingin diolah menjadi masakan, terlebih dahulu harus melalui proses pelumeran. Ada dua cara melumerkan daging beku yang direkomendasikan oleh William, yaitu alami dan instan.

Pelumeran alami bisa dilakukan dengan cara memindahkan daging beku dari lemari pembeku ke bagian lemari pendingin satu hari sebelum diolah. Adapun pelumeran daging beku secara instan bisa dilakukan dengan menggunakan microwave atau merendam daging beku ke dalam air.

Baca Juga:  Hindari 4 Kesalahan Ini Saat Memasak Ayam

“(Perendaman) Kira-kira 10—15 menit,” ungkap William.

Setelah kadar esnya mencair, daging beku bisa segera dimarinasi untuk memaksimalkan cita rasa. Proses marinasi ini bisa dilakukan dengan merendam daging di dalam air yang telah dicampur gula dan garam. Untuk proses memasak yang lebih cepat, William menyarankan daging diiris tipis sebelum diolah.