Begini Caranya Menjaga Kesegaran Brokoli


Pertanianku – Brokoli termasuk sayuran yang memiliki kandungan nutrisi yang sangat kaya. Sayuran yang berwarna hijau ini adalah sayuran yang terkenal sulit dijaga kesegarannya dalam waktu lama. Terlebih jika Anda menyimpan brokoli dengan cara yang salah, sudah akan dipastikan sayuran tersebut tidak akan bertahan lama dalam waktu satu sampai dua hari saja.

Namun, jika Anda mengetahui cara penyimpanan yang benar, Anda dapat menyimpan brokoli dan mempertahankan kesegarannya untuk 5—7 hari bahkan bisa lebih lama lagi jika Anda membekukannya.

Lantas bagaimana caranya:

  1. Jangan mencuci brokoli yang Anda beli

Brokoli merupakan salah satu sayuran yang membutuhkan kelembapan untuk mempertahankan kesegarannya. Namun, sayuran satu ini juga tidak baik jika disimpan di tempat yang terlalu lembap. Kelembapan yang terlalu tinggi akan menyebabkan penjamuran pada brokoli hanya dalam beberapa hari sehingga menyebabkan brokoli yang segar tidak dapat dimakan.

Untuk itulah, hindari mencuci brokoli yang Anda beli dari toko. Sebab, brokoli telah dicuci dan dikeringkan sebelumnya sehingga tidak membutuhkan proses pencucian lebih lanjut. Namun, jika Anda menggunakan brokoli hasil tanam Anda sendiri, Anda harus mencucinya untuk membersihkannya dari serangga kecil dan debu-debu yang menempel. Setelah pencucian, pastikan Anda mengeringkannya untuk mencegah proses penjamuran.

Anda dapat mencuci brokoli yang Anda petik dengan air hangat yang dicampurkan dengan cuka putih dalam mangkuk yang besar. Rendam brokoli selama kurang lebih 15 menit untuk membasmi serangga-serangga kecil dan membersihkan brokoli dari noda dan debu yang menempel pada bagian yang sulit dijangkau. Setelah itu, keluarkan brokoli dari dalam rendaman, bilas dengan air dingin, dan keringkan secara menyeluruh sebelum dimasukkan ke dalam kulkas.

  1. Bungkus brokoli kertas dapur/tisu yang lembap
Baca Juga:  Makan Tomat Bisa Kurangi Kolesterol Jahat? Begini Kata Peneliti

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesegaran brokoli agar tetap terlihat menarik dan menggiurkan. Isi botol penyemprot dengan air dingin (jangan menggunakan botol bekas zat kimia berbahaya atau botol bekas produk pembersih), lalu semprotkan air dingin pada kepala brokoli. Selanjutnya, bungkus kepala brokoli menggunakan tisu/kertas dapur dengan tidak terlalu merapat. Dengan begitu, kertas dapur/tisu akan menyerap sebagian kelembapan pada brokoli. Simpan brokoli di dalam kulkas. Cara ini dapat mempertahankan kesegaran brokoli sekitar 3 hari.

  1. Simpan brokoli di dalam kantong bercelah

Anda juga bisa menyimpan dan mempertahankan kesegaran brokoli dengan cara menyimpannya ke dalam kantong plastik. Masukkan brokoli ke kantong dan tutup kantong tersebut, lalu buat beberapa lubang kecil pada bagian kantong yang terdekat dengan kepala brokoli agar brokoli mendapatkan aliran udara yang dibutuhkan. Selanjutnya, masukkan brokoli ke kulkas. Dengan cara ini, brokoli dapat mempertahankan kesegarannya untuk beberapa hari ke depan.

  1. Masukkan brokoli ke kulkas

Cara yang terakhir adalah segera simpan brokoli ke dalam kulkas setelah membelinya jika sayuran tidak langsung dimasak. Semakin cepat brokoli disimpan di dalam kulkas, semakin besar kemungkinan Anda untuk menjaga kesegaran dan kesempurnaan tekstur renyah brokoli.

loading...
loading...