Begini Caranya Menyimpan Buah Agar Tetap Segar dan Tahan Lama

0

Pertanianku – Mengonsumsi buah-buahan segar memang penting bagi kesehatan tubuh kita. Terlebih lagi jika seseorang sedang menjalankan diet harian pasti akan lebih banyak mengonsumsi buah segar bukan? Pasalnya, bagi mereka yang sedang diet, buah merupakan pengganti camilan. Oleh karena itu, banyak masyarakat menyetok buah dalam jumlah banyak di rumah.

Namun, seperti yang kita tahu buah-buahan tersebut tak bertahan lama dan mudah membusuk. Terlebih, jika kita menyimpannya dengan cara yang tidak benar.

Cobalah beberapa tips menyimpan buah agar buah tak mudah membusuk:

  1. Jangan cuci buah ketika ingin disimpan

Sebagian kita berpikir, lebih praktis dan mudah setelah mencuci buah agar tetap awet. Alangkah baiknya, buah jangan dicuci ketika ingin dimasukkan ke dalam kulkas. Hal ini membuat buah menjadi lembap dan mempercepat tumbuhnya bakteri.

  1. Simpan buah pada suhu rendah

Ketika menyimpan buah di dalam kulkas, rendahkanlah suhu kulkas. Rendahnya suhu membuat buah tidak cepat membusuk. Namun, ada satu cara jitu menyimpan buah, yakni dengan menaruhnya pada wadah kaca yang berisi air, dan kemudian membungkusnya dengan plastik.

  1. Tidak semua buah harus dimasukkan ke kulkas

Ternyata ada beberapa buah yang tidak perlu dimasukkan ke kulkas. Tujuannya, agar tidak mengurangi kualitas dan manfaat buah tersebut. Buah-buah yang kurang baik tersebut antara lain mangga, pir, tomat, plum, kiwi, apricot, melon, semangka, alpukat, pisang, dan buah persik.

Jenis buah tersebut sebenarnya boleh disimpan di dalam kulkas apabila kondisinya sudah matang. Jika buah belum masak, menaruhnya di kulkas hanya akan memperlambat proses kematangannya.

Kita bisa meletakkan buah tersebut di tempat terbuka seperti di meja hingga buah matang. Jika buah sudah matang, barulah kita bisa memasukannya ke lemari es.

  1. Beberapa jenis buah sebaiknya disimpan di freezer

Beberapa jenis buah akan lebih baik jika disimpan dalam freezer seperti stroberi, anggur, dan ceri karena sifatnya yang cepat busuk.

Jenis buah-buah ini sebaiknya disimpan dalam plastik perekat, kemudian dibekukan ke dalam freezer agar lebih tahan lama. Buah yang dibekukan ini bisa tahan hingga 4—6 bulan.

loading...
loading...