Begini Caranya Merawat Burung Hantu Pemburu Tikus


Pertanianku – Burung hantu merupakan salah satu predator yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Tak hanya banyak dipelihara sebagai burung hias, tapi burung hantu juga bisa dipelihara sebagai pemburu tikus yang andal. Pasalnya, saat ini populasi tikus terus meningkat setiap tahunnya. Hal ini tentu menjadi ancaman bagi para petani. Sebab, populasi tikus semakin meningkat.

Salah satu jenis burung hantu yang bisa dimanfaatkan untuk memangsa hama tikus adalah Tyto alba yang ditangkarkan oleh Kelompok Tani Tulodo Makario. Kelompok ini berhasil melepasliarkan burung hantu Tyto alba untuk membantu petani membasmi hama tikus.

Burung hantu satu ini beraktivitas dan mencari makan di malam hari, atau disebut sebagai hewan nocturnal. Memiliki kemampuan untuk memangsa tikus hingga lima ekor dalam semalam, bahkan bisa lebih. Ketika populasi tikus di sekitarnya banyak, burung hantu akan banyak membunuh tikus walaupun tidak akan dimakan semuanya. Ia hanya mematikan tikus.

Namun, untuk merawat Tyto alba hingga berhasil dilepasliarkan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Mengingat perawatan untuk burung satu ini tidak mudah dilakukan ketika masih anakan.

“Kita harus melakukan perawatan saat Tyto alba masih anakan. Mereka kita rawat hingga sudah siap dilepasliarkan untuk membantu petani,” kata Pujo Arto, penangkar Tyto alba sekaligus Ketua Kelompok Tani Tulodo Makario.

Saat Tyto alba jatuh sakit, lanjut Pujo, mereka harus segera dipisahkan dengan burung lainnya agar penyakitnya tidak menular. Proses introduksi pun harus segera dilakukan agar penyakitnya segera pulih dan dapat menyelamatkan Tyto alba.

Baca Juga:  Memelihara Marmut Itu Mudah, Begini Caranya!
loading...
loading...