Begini Ciri-ciri Kerang Hijau yang Masih Segar

Pertanianku Kerang hijau sudah menjadi salah satu favorit di antara deretan menu sea food. Rasanya lezat dan gurih, apalagi jika diberikan bumbu rempah, rasa kerang terasa semakin kuat.

kerang hjiau
foto: Pixabay

Kerang termasuk golongan Mollusca, yakni hewan lunak yang diapit cangkang keras dan tidak memiliki organ hati untuk menghancurkan benda asing yang masuk ke tubuhnya, termasuk racun. Akibatnya, seluruh benda asing dan racun terakumulasi di dalam tubuh kerang.

Kerang cukup tahan terhadap polutan asing. Selain itu, kerang juga mampu bertahan hidup menetap di satu tempat dan bertindak sebagai filter feeder (penyaring). Dengan begitu, kerang tidak hanya memakan plankton, benda-benda asing yang ada di sekitarnya seperti logam berat berbahaya juga ikut diserap. Oleh karena itu, banyak orang yang menghindari kerang.

Padahal, kerang hijau memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Kerang mengandung protein, vitamin B 12, asam amino, asam lemak, omega 3 dan omega 6, serta mineral besi dan selenium.

Kerang bermanfaat untuk tubuh, bahkan hewan Mollusca ini mampu menjaga sistem imun tubuh apabila kondisinya segar dan tidak terkontaminasi. Selain itu, kerang berkhasiat mengatasi anemia, menjaga kesehatan jantung, serta membentuk dan merawat otot.

Kerang akan bermanfaat pada tubuh apabila Anda memilihnya dengan benar. Oleh karena itu, sebaiknya perhatikan kondisi kerang terlebih dahulu sebelum membelinya. Pilihlah kerang yang masih segar dan cangkangnya tertutup rapat. Jangan pilih kerang dengan cangkang yang sudah terbuka.

Saat membeli, Anda perlu mencium kerang tersebut. Jika sudah mengeluarkan bau busuk atau bau yang tidak wajar lainnya, sebaiknya jangan dipilih. Kerang yang masih segar apabila terlepas dari cangkangnya, bagian isi kerang masih terasa kenyal saat dipegang. Pastikan juga kerang tersebut tidak berasal dari daerah perairan yang terkontaminasi.

Baca Juga:  Hemat Biaya Pakan dengan Membuat Pelet Ikan Lele Sendiri

 


loading...