Begini Mengolah Jamur yang Baik, Jangan Sampai Salah Ya!


Pertanianku – Jamur menjadi salah satu alternatif pilihan makanan masyarakat. Namun, Anda perlu tahu bahwa tidak semua jamur bisa dikonsumsi. Pasalnya, beberapa jamur justru memiliki racun berbahaya jika dikonsumsi. Beberapa jenis jamur yang dapat dikonsumsi di antaranya jamur tiram dan jamur sitake.

Namun, Anda juga harus tahu cara mengolah jamur jika ingin mengonsumsinya. Jika Anda mengolah jamur, disarankan untuk memasak jamur dengan cara dipanggang daripada menumis atau merebusnya. Pasalnya, proses pemanggangan membantu menjaga kapasitas anti-oksidan dan manfaat lain dari jamur.

Jamur kaya kandungan serat, vitamin (B1, B2, B12, C, D dan E), dan mineral seperti seng atau selenium. Makanan ini juga rendah kalori dan lemak, serta sumber penting betaglucans, yakni senyawa aktif yang berpotensi menjadi obat.

Sebuah studi yang dipublikasikan di International Journal of Food Sciences and Nutrition, mengungkapkan bahwa cara memasak menggunakan minyak seperti menggoreng menyebabkan makanan kehilangan protein, dan karbohidrat, tetapi meningkatkan lemak.

Tak hanya menumis, merebus jamur juga bisa menurunkan anti-oksidan. Sementara itu, memanggang jamur menggunakan microwave misalnya, justru dapat membuat jamur mencapai nilai aktivitas anti-oksidan yang lebih tinggi.

“Menggoreng dan merebus menghilangkan senyawa protei dan senyawa anti-oksidan lebih banyak, mungkin karena pencucian zat terlarut di dalam air atau minyak, yang secara signifikan dapat memengaruhi nilai gizi produk akhir,” kata Irene Roncero dari Mushroom Technological Research Centre La Rioja (CTICH) di Spanyol.

Sebaliknya, lanjut Roncero, jamur yang dipanggang kandungan polifenol dan anti-oksidannya meningkat secara signifikan, dan tidak ada kerugian signifikan dalam nilai gizinya. Selanjutnya, tak masalah bila Anda ingin menambahkan sedikit porsi minyak saat memanggang jamur. Apalagi jika itu minyak zaitun.

Baca Juga:  Mengolah Belalang Menjadi Kerupuk, Seperti Apa Ya?
loading...
loading...