Begini Teknis Memancing Ikan Kakap Putih


Pertanianku – Bagi sebagian orang kegiatan memancing merupakan suatu hal yang sangat menyenangkan. Terlebih lagi jika kegiatan memancing dilakukan di laut dari kapal. Pasti akan sangat menyenangkan bukan? Bagi Anda yang hobi memancing, pernahkah Anda mendapatkan ikan kakap putih? Jika belum, terdapat beberapa hal yang wajib Anda ketahui.

Foto: Scotto

Syarat utama memancing ikan kakap putih adalah Anda harus mengetahui sarangnya. Habitat ikan kakap putih alias barramundi ini banyak dijumpai di pantai/laut (kedalaman 1—10 m) ataupun di muara sungai. Bahkan, kakap putih bisa masuk ke sungai sampai beberapa kilometer, selama salinitas air masih terasa sedikit asin mendekati tawar.

Faktor lainnya yang wajib diketahui adalah mengetahui pasang surut air laut. Sebab, ikan ini adalah ikan pasang surut dimana aktivitas makannya galak saat air pasang atau surut dengan arus air sedang. Sebaiknya, hindari memancing saat bulan terang, baik siang maupun malam. Sebab, saat bulan terang, kakap putih akan disibukkan oleh urusan birahi (kawin).

Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memancing ikan kakap putih.

Ngelicir

Pada teknik ini biasanya joran selalu aktif dipegang sembari memainkan kenur secara perlahan. Teknik ini lebih efektif bila memancing di area bebatuan atau rumpon atau patok bambu yang terjangkau joran.

Ngoncer

Teknik ini mudah dilakukan karena umpan tinggal dilemparkan saja dan joran diletakkan di pinggir tanggul, kemudian menunggu ikan memakan umpan. Cara ini sering juga dilakukan dengan joran selalu aktif dipegang dan kenur ditarik ulur perlahan-lahan agar udang putih hidup selalu aktif berenang menyelam sehingga ikan akan terangsang untuk memakan umpan. Namun, teknik ini bisa dilakukan dengan latihan rutin dengan maksud merasakan gerakan umpan hidup tersebut.

Baca Juga:  Nelayan dapat Bantuan Alat Tangkap Ikan Ramah Lingkungan

Menggunakan pelampung

Teknik memakai pelampung biasa dilakukan di area rumpon yang tidak terjangkau joran, sehingga joran sebaiknya dipegang dengan maksud agar bisa cepat refleks mengangkat dan menyentak joran saat ikan makan umpan. Teknik ini membutuhkan konsentrasi yang ektra untuk melihat pelampung dan refleks menyentakkan joran.

Selamat mencoba!

loading...
loading...