Beginilah Penampakan 7 Makanan Termahal di Dunia


Pertanianku — Harga selalu menjadi pertimbangan dalam membeli makanan. Nah, Food Beast memberikan sederet makanan dengan harga fantastis. Predikat sebagai makanan termahal pun menjadi hal yang menarik. Akan tetapi, harga yang begitu mahal ini bukan hadir tanpa alasan.

makanan termahal
Foto: Google Image

Misalnya saja, beberapa makanan di antaranya agak sulit untuk didapatkan saking langkanya. Yuk, simak, daftar makanan termahal di dunia.

  1. Sup sarang burung walet

Semangkuk kecil sup sarang burung walet bisa dibanderol dengan harga Rp438 ribu hingga Rp1,4 juta. Namun, tak seperti sarang burung lain, sarang walet yang satu ini terbuat dari saliva—kelenjar eksokrin pada mamalia yang memproduksi air liur—induk burung. Menurut kebudayaan Cina, harga fantastis ini layak disematkan pada sup lantaran kelangkaan dan khasiatnya yang tinggi.

  1. Semangka Densuke

Sekilas, semangka Densuke asal Jepang ini terlihat biasa saja. Namun, ini bukan semangka biasa, karena harganya bisa mengalahkan semangka apa pun. Semangka Densuke rata-rata terjual nyaris Rp3 juta per buah dalam sebuah lelang. Bahkan di suatu waktu, semangka ini pernah tembus hingga harga Rp87 juta.

Wajar saja, pasalnya semangka Densuke hanya tumbuh di Hokaido yang hanya panen sekitar 10 ribu buah setiap tahunnya. Oleh karena itu, tak heran jika semangka ini punya banderol setinggi langit.

  1. Golden Opulence Sundae

Harga satu sundae pada umumnya dipastikan jauh berada di bawah dari yang dijajakan di Serendipity 3, sebuah restoran di New York, Amerika Serikat. Di restoran itu, Golden Opulence Sundae dihargai sekitar Rp14,6 juta dan memecahkan rekor Guiness World Book of Record sebagai sundae termahal di dunia.

Es krim dengan sentuhan daun berbahan emas dan kaviar manis itu disajikan dalam piala kristal. Tak cuma itu, konsumen juga bakal menikmati suap demi suap es krim dengan sendok emas 18 karat.

  1. Truffle Alba Putih
Baca Juga:  Cara Membuat Pupuk POC dari Kaldu Ikan

Harga mahal rata-rata disebabkan oleh langkanya makanan yang disajikan. Hal itu juga berlaku untuk jamur truffle, khususnya jenis alba putih yang hanya ditemukan di Italia utara. Jamur ini pernah laku terjual seharga US$330 ribu atau sekitar Rp4,8 miliar untuk 1,5 kilogram jamur.

  1. Jamur Matsutake

Kalau Italia punya truffle, Jepang punya jamur matsutake. Di Jepang, jamur ini merupakan bahan makanan kelas elite. Saat permulaan musim, pengumpul jamur bisa menjualnya dengan harga sekitar US$1.000 atau Rp14 juta per kilogram.

Jamur matsutake memiliki wangi yang khas dan kuat. Jamur ini biasa dinikmati dengan dipanggang, ditanak bersama beras menjadi nasi matsutake, dan campuran dobinmushi atau sup dalam teko.

  1. Melon Yubari

Jepang lagi-lagi menyumbang daftar makanan termahal di dunia. Setelah semangka dan jamur, Jepang juga punya melon termahal bernama Yubari. Sesuai namanya, melon tumbuh dan berkembang di Yubari, Hokkaido, berdekatan dengan Sapporo. Melon Yubari berbentuk bulat sempurna dengan kulit luar yang lembut. Sebagian besar warga Jepang membeli Yubari sebagai hadiah saat Chugen (Festival Arwah).

Harga melon Yubari rata-rata dibanderol US$250 atau sekitar Rp3,6 juta. Namun, harga ini masih lumayan terjangkau. Sebab, sebelumnya sebuah melon pernah terjual US$23.400 atau setara dengan Rp343 juta dalam sebuah lelang.

  1. Samundari Khazana

Beberapa tahun lalu, ada hidangan yang dinobatkan sebagai kari termahal di dunia. Kari itu diberi nama ‘Samundari Khazana’ yang berarti ‘makanan laut berharga’. Hidangan ini terbuat dari satu buah lobster besar, kaviar, siput laut, dan emas yang bisa dimakan. Bahan-bahan itu diracik dengan bumbu kari pada umumnya. Hidangan kari itu dihargai US$2.700 atau sekitar Rp39 juta.