Beginilah Perawatan Yang Tepat Pada Tanaman Sirsak


Pertanianku – Perawatan pada buah sirsak yang perlu dilakukan adalah penjarangan dan pembungkusan buah. Penjarangan atau pengurangan jumlah buah perlu dilakukan untuk menjaga kualitas buah dan kapasitas pohon. Caranya dengan membuang buah pentil yang bentuknya tidak normal dengan memotong tangkainya menggunakan gunting. Sisakan buah pentil normal serta pilih yang berada pada tangkai/cabang yang besar. Hal ini dimaksudkan agar buah mendapat pasokan nutrisi yang bagus dari pohon sehingga buah tumbuh maksimal.

Perawatan Buah Sirsak

Setelah dilakukan penjarangan, buah pentil yang tersisa segera dibungkus agar terhindar dari serangan ulat dan kutu putih sehingga penampilan buah tetap mulus hingga matang. Pembungkusan dapat menggunakan kertas semen, jaring berlubang agak rapat, atau plastik yang dilapisi kertas koran. Agar tidak lembap, sirkulasi udara di dalam pembungkus perlu diperhatikan.

Buah sirsak sebaiknya dipanen setelah cukup tua, tetapi masih keras. Buah dianggap tua jika letak duri-durinya berjauhan dan warna buah yang sebelumnya hijau mengilap menjadi hijau kusam atau hijau kekuningan. Jika buah dipanen terlalu awal maka kualitas buah akan jelek.

 

Sumber: Buku ramuan dan khasiat sirsak

Baca Juga:  Kapan Pemupukan Tanaman Cabai yang Paling Tepat?