Beginilah Pola Tanam Cokelat


Pertanianku – Cokelat dapat ditanam di antara barisan kelapa, kelapa sawit, atau juga karet sebagai tanaman intercropping. Cokelat dapat juga ditanam di antara barisan pisang atau singkong yang berfungsi sebagai pohon pelindung sementara. Pola tanam yang diterapkan pada areal demikian umumnya menyesuaikan dengan pola tanam tanaman terdahulu Untuk mendapatkan areal penanaman cokelat yang sebaik-baiknya dianjurkan untuk menetapkan pola tanam lebih dulu.

Pola Tanam Cokelat

Pola tanam erat kaitannya dengan keoptimuman jumlah pohon per ha, keoptimuman peranan pohon pelindung, dan meminimumkan kerugian yang timbul pada nilai kesuburan tanah serta biaya pemeliharaan. Ada empat pola tanam yang dianjurkan, sebagai berikut.

1) Pola pertanaman cokelat segi empat, pohon pelindung segi empat.

2) Pola pertanaman cokelat segi empat, pohon pelindung segi tiga.

3) Pola pertanaman cokelat berpagar ganda, pohon pelindung segi tiga.

4) Pola pertanaman cokelat berpagar ganda, pohon pelindung segi empat.

Pada pola tanam cokelat segi empat pohon pelindung segi empat tidak terdapat jarak antardua barisan pohon cokelat. Seluruh areal ditanami menurut jarak tanam yang telah ditetapkan. Pohon pelindung berada tepat pada pertemuan diagonal empat pohon cokelat.

Pada pola tanam cokelat segi empat pohon pelindung segi tiga juga sama dengan pola terdahulu. Perbedaannya terletak pada letak pohon pelindung di antara dua gawangan dan dua barisan yang membentuk segi tiga sama sisi.

Pada pola tanam cokelat berpagar ganda, beberapa baris pohon cokelat dipisahkan oleh dua kali jarak tanam yang telah ditetapkan dengan beberapa barisan pohon cokelat berikutnya. Dengan demikian terdapat ruang/alur di antara barisan cokelat yang bisa dimanfaatkan sebagai jalan untuk pemeliharaan. Sementara pohon pelindung segi tiga dan segi empat sama polanya dengan pola pohon pelindung terdahulu.

Baca Juga:  Mengulik Efek Samping Mahkota Dewa bagi Kesehatan

 

Sumber: Buku Cokelat

loading...
loading...