Bekatul Sebagai Pakan Alternatif Ikan Lele


Pertanianku – Menjalankan bisnis budidaya ikan lele merupakan salah satu usaha yang banyak digeluti oleh masyarakat. Hal ini karena bisnis budidaya ikan lele sangat menggiurkan. Banyak keuntungan yang akan Anda peroleh dari berbisnis ini.

bekatul-sebagai-pakan-alternatif-ikan-lele

Banyak orang menjalankan usaha ini hanya sebagai usaha sampingan. Namun, ada juga menjadikannya sebagai mata pencaharian utamanya. Ikan lele tergolong ikan yang cukup mudah untuk dibudidayakan. Oleh karena itu, orang-orang tertarik memeliharanya.

Namun, ada beberapa kendala yang sering dihadapi oleh para pembudidaya salah satunya masalah pakan. Pakan lele yang kadang harganya melonjak, membuat pembudidaya terkadang kebingungan mengingat harga ikan lele yang juga kadang tidak stabil sehingga membuat mereka kadang merugi. Untuk itulah, para pembudidaya saat ini banyak menggunakan pakan alternatif sebagai salah satu solusi menekan biaya produksi untuk pangan yang cukup mahal.

Salah satu pakan alternatif ikan lele yang bisa dibuat salah satu pakan alternatif yang mulai banyak digunakan oleh pembudidaya adalah dedak atau bekatul. Ternyata, bekatul tidak hanya bisa digunakan untuk pakan unggas, tetapi juga bisa menjadi pakan alternatif yang cukup ekonomis untuk lele. Pakan alternatif ini bisa diberikan pada ikan lele karena memiliki kandungan protein yang tinggi. Bahkan, bisa melebihi kandungan protein yang pakan buatan pabrik. Berikut beberapa persiapan untuk membuat pakan alternatif lele dari bekatul.

Bahan:

  • Dedak bekatul (5 kg)
  • Pelet ikan sebanyak (2,5 kg)
  • Garam dapur (5 sendok makan)
  • Minyak sayur setengah gelas atau bisa juga jelantah sisa penggorengan
  • Air (5 liter)

Cara pembuatan:

  1. Campurkan bahan-bahan yang sudah dipersiapkan tadi seperti dedak, pelet, dan garam dalam panci perebusan, lalu tambahkan air 5 liter.
  2. Aduklah hingga merata lalu rebuslah hingga berwarna cokelat tua.
  3. Tunggu sekiranya 1 jam, masukkan minyak sayur yang tadi disiapkan, lalu aduk sampai rata kemudian tiriskan.
  4. Tunggu semalam untuk bisa diberikan pada ikan lele.
  5. Setelah itu, kepal-kepal bahan yang sudah dibuat tadi lalu berikan pada ikan lele. Sebar pakan ke berbagai lokasi kolam. Pemberian pakan ini bisa dilakukan 2 kali sehari.
  6. Untuk lebih efisiennya, berikan pakan ini di malam hari karena efeknya akan lebih bagus.
Baca Juga:  Dinas Pertanian Manado Bangun Tiga Kolam Ikan untuk Kelompok Tani Setempat

Bagaimana, tidak sulit bukan membuatnya? Dengan membuat pakan sendiri, biaya yang Anda keluarkan bisa diminimalisir.

loading...
loading...