Belajar Budi Daya Terumbu Karang


Pertanianku – Terumbu karng merupakan salah satu kekayaan alam laut yang harus dilestarikan. Hal ini karena terumbu karang bisa menjadi komoditas bisnis yang baik. Berikut teknik tepat budi daya terumbu karang yang perlu diketahui.

Belajar Budi Daya Terumbu Karang

  • Teknik budi daya terumbu karang

Proses dan teknik budi daya terumbu karang harus menggunakan beberapa langkah tepat. Salah satu langkah yang paling populer dan banyak diaplikasikan oleh petani terumbu karang adalah dengan melakukan teknologi transplantasi terumbu karang. Maksudnya, terumbu karang ditanam atau dicangkok dengan menggunakan media-media yang sudah ditentukan.

Meskipun tumbuhnya membutuhkan waktu yang lama, cara ini lebih efektif untuk budi daya terumbu karang. Memilih bibit yang tepat juga harus dilakukan oleh petani terumbu karang. Pilih bibit yang unggul dan memiliki kualitas untuk bisa tumbuh dengan baik.

  • Budi daya terumbu karang menggunakan metode transplantasi

Pada saat melakukan transplantasi, media untuk terumbu karang yang bisa Anda manfaatkan adalah pipa yang memiliki lubang di dalamnya. Pemilihan media ini sangat penting agar ikan-ikan tetap bisa berenang dengan bebas di sekitar terumbu karang. Jangan lupa untuk mengikat karang kecil dengan menggunakan pipa ini.

Metode lainnya yang bisa Anda lakukan pada budi daya terumbu karang adalah dengan menggunakan media semen atau cor yang kemudian dicetak dan menjadi sebuah wadah. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan menyiapkan cor-coran sedimen yang bentuknya seperti kerucut. Bentuk kerucut akan mempermudah pertumbuhan terumbu karang ini.

  • Persiapan media untuk budi daya terumbu karang

Langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah memilih tempat yang tepat untuk mencetak terumbu karang. Langkah yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencetak media ini di pantai. Kemudian bagian tengahnya di pasang pipa PVC. Jika tidak memiliki pipa, Anda bisa menggantinya dengan botol bekas.

Baca Juga:  Ragam Ikan Hias Tanah Air Jadi Perhatian Pemerintah

Setelah semua media transplantasi diikat dengan terumbu karang yang ingin ditumbuhkan. Letakkan dan biarkan media tersebut berada di perairan laut selama kurang lebih 3–6 bulan. Nantinya media tersebut akan membuat terumbu karang yang baru. Berbagai makhluk laut lainnya juga akan berdatangan untuk tinggal di tempat yang telah Anda transplantasi tersebut seperti ikan laut dan makhluk laut lainnya.

Selanjutnya Anda hanya perlu menunggunya sampai terumbu karang dewasa dan nantinya ikan yang besar akan muncul dan bermain di terumbu karang tersebut. Terumbu karang yang sudah tumbuh dewasa dapat berkembang biak dengan baik dan menghasilkan anakan terumbu karang yang baru.

  • Langkah pemeliharaan terumbu karang agar terhindar stres

Pemeliharaan terumbu karang juga harus diperhatikan. Terumbu karang merupakan hewan laut, jadi mereka juga bisa stres. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda harus melakukan proses transplantasi dengan baik. Jangan lupa juga untuk melakukan pengangkutan dari air dengan cara yang baik pula. Caranya, terumbu karang ditempatkan terlebih dahulu di wadah plastik. Hal ini akan dapat mengurangi timbulnya stres pada terumbu karang tersebut.

  • Langkah pemeliharaan dengan metode operasi

Teknik pemeliharaan yang satu ini harus dilakukan oleh semua pembudidaya terumbu karang. Sistem operasi ini akan menghabiskan waktu selama kurang lebih 30 menit. Teknik lainnya yang bisa Anda lakukan untuk transplantasi adalah dengan menggunakan semen, lem plastik, penjepit baja dan lainnya.

loading...
loading...