Belajar Budidaya Lele Python di Kolam Terpal

Pertanianku – Menjalankan bisnis lele merupakan usaha yang tidak akan pernah mati. Hal ini disebabkan tingginya permintaan lele konsumsi. Budidaya lele sangat menjanjikan.

Belajar Budi Daya Lele Python di Kolam Terpal

Banyak orang yang suka dengan ikan dan akhirnya memilih untuk mengembangkan lele di kolam. Banyak jenis lele yang sudah dikembangkan di Indonesia, seperti lele sangkuriang dan lele python. Namun, seiring perkembangannya popularitas lele sangkuriang sudah mulai tergeser dengan lele phyton. Budidaya lele python biasanya dilakukan di kolam terpal. Ada beberapa hal terkait budidaya lele python di kolam terpal yang harus Anda tahu.

Tips memulai budidaya lele python

Jika Anda berniat memulai bisnis budidaya lele python, yang harus dilakukan pertama kali adalah mengisi air dalam kolam terpal terlebih dahulu. Pertama, Anda harus membersihkan terpal untuk menghilangkan zat kimia yang menempel pada terpal. Selanjutnya, keringkan terpal selama sehari lalu masukkan air dengan ketinggian 30 cm, dan diamkan air selama satu minggu. Kebutuhan bibit untuk satu kolam terpal berukuran 3x4x1 m lebih kurang 2.000 ekor. Bibit lele python yang ditebar berukuran 3–5 cm.

Jika Anda baru saja membeli bibit baru, sebaiknya bibit dibiarkan di ember terlebih dahulu baru dimasukkan ke kolam sedikit demi sedikit. Anda juga harus mulai menyediakan makanan organik bagi lele python berupa pelet butiran. Pelet butiran akan menekan angka kematian lele python. Hal yang harus diperhatikan selalu adalah kebersihan kolam terpal itu sendiri. Mulai dari proses pembenihan lele python hingga pembesaran lele python harus dilakukan di kolam terpal yang terjaga kebersihannya dan pemberian makan diharapkan selalu tepat waktu.

Pengembangan bisnis lele python

Jika berhasil mengembangkan budidaya lele python, Anda bisa menjual benih ikan ini setiap harinya dengan harga mahal. Sudah ada banyak orang yang siap membeli benih ikan lele python Anda setiap harinya. Benih ini akan dibawa dan dibudidayakan di kolam milik mereka. Anda mungkin harus memikirkan tempat yang lebih luas, misalnya dengan tambak jika bisnis Anda sudah lebih berkembang. Lele masih akan selalu dicari untuk dibuat berbagai macam makanan. Lele juga banyak dicari karena kandungan gizi dan protein yang sangat tinggi. Anda yang tertarik bisa mencoba mengembangkan lele python di daerah Anda.

Baca Juga:  Sederet Manfaat Daun Ketapang untuk Budidaya Perikanan

Keuntungan budidaya lele python di kolam terpal

Banyak orang yang mulai melirik budidaya lele python pada kolam terpal. Ini karena kolam terpal sebagai salah satu wadah beternak dianggap paling menguntungkan. Budidaya lele python di kolam terpal dirasa paling murah dibanding jika kita menggunakan kolam dari semen. Kolam terpal ini juga membuat semua ikan lele merasa aman dari semua pemangsa liar yang biasa ada di kolam biasa.

Cara budidaya lele python dengan kolam terpal juga bisa dilakukan dengan mudah karena bisa diatur volume air dan mengganti air dalam kolam terpal bisa dilakukan dengan cara yang sangat praktis. Inilah alasan banyak orang mulai beralih menggunakan kolam terpal. Lele python akan tampak lebih bersih karena tumbuh sehat tanpa terkena penyakit.