Belajar Cara Memelihara dan Perawatan Budidaya Tomat

Pertanianku – Jika Anda tertarik budidaya tomat tidak ada salahnya jika Anda mencoba budidaya tomat dalam pot ataupun polybag karena dengan kedua cara akan lebih memudahkan Anda. Serta kesehatan tanaman bisa lebih Anda kontrol karena jika menanam di dalam pot atau polybag akan terhindar dari penularan penyakit yang kerap menyerang akar. Perawatan dapat Anda lakukan dengan menyiram media tanam setiap dua hari sekali. Hal ini bertujuan untuk menjaga agar tanah tidak terlalu kering.

Belajar Cara Memelihara dan Perawatan Budidaya Tomat

Tetapi dianjurkan jangan terlalu basah saat menyiram supaya akar tanaman tidak mudah membusuk. Siangi gulma atau tanaman pengganggu yang tumbuh di dalam polybag secara rutin. Apabila Anda menemukan tanaman tomat yang layu atau mati segera cabut dan buang agar tidak menularkan ke tanaman lainnya.

Loading...

Perawatan rutin lainnya dapat berupa pemangkasan tunas dan tak lupa memberikan tiang penyangga sebagai penompang tanaman. Setelah tanaman berumur satu minggu setelah ditanam, berikan pupuk pada tanaman tomat dengan pupuk kompos sebanyak satu gengggam ke dalam tiap polybag.

Lakukan pemberian pupuk kompos ke dalam polybag setiap bulannya agar tanaman dapat tumbuh dengan subur. Ketika tanaman tomat sudah akan berbuah Anda dapat menambahkan pupuk yang khusus digunakan pada tanaman buah agar buah yang dihasilkan dapat memiliki kualitas yang optimal.

Jika terlihat hama atau penyakit yang menyerang pada daun atau batang segera Anda buang bagian yang terkena hama. Penyemprotan baiknya dilakukan apabila benar-benar perlu agar budidaya tomat Anda menghasilkan buah yang sehat dan aman untuk dikonsumsi. Agar lebih aman usahakan untuk menggunakan pestisida yang alami.

Jika Anda budidaya tomat dalam polybag dengan rentang waktu tiga bulan biasanya sudah dapat dipanen. Namun, hal ini tergantung dari varietas dan jenis tomat yang Anda tanam. Biasanya tomat yang sudah siap untuk dipanen saat buah tomat berwarna kekuning-kuningan.

Baca Juga:  Tanaman-tanaman Sayur Ini Mudah Ditanam di Rumah

Anda bisa melakukan pemetikan setiap 2–3 hari sekali karena biasanya buah tomat tidak matang secara bersamaan. Perlu diingat jangan terlalu rapat waktu memetiknya untuk menghindari kerusakan pada tanaman tomat. Waktu yang paling baik untuk memetik tomat adalah sore hari ketika sinar matahari sudah mulai redup.

Loading...
Loading...