Belajar Cara Menanam Bunga Rosella

Pertanianku – Apakah Anda tahu bahwa bunga rosella memiliki nilai ekonomis yang tinggi? Hal inilah yang mendorong Ruth Jedia Maryatmi, Ketua Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) Anyelir Bahalap Kelurahan Kalampangan, Palangkaraya, Kalimantan Tengah dan sejumlah warga setempat untuk menanam bunga rosella.

Belajar Cara Menanam Bunga Rosella

Bagi Maryatmi, menanam bunga rosella bukan perkara sulit. Maryatmi mengatakan, pertama biji disemai, kemudian bibit ditanam di lahan pekarangan, tanaman perlu waktu sekitar 3 bulan untuk bisa berbunga dan dipanen. Setelah dipanen, rosela bisa dipanen kembali setiap 10 hari kemudian. Sehingga, jika dikalkulasikan dalam sebulan, rosela dapat dipanen tiga sampai empat kali.

Loading...

Setiap tanaman dapat menghasilkan 0,5 kg bunga rosela segar dalam sekali panen. Rosela dapat dipanen terus hingga usia delapan bulan hingga satu tahun dan kemudian diganti dengan bibit baru.

“Pemupukan juga tidak ribet, hanya dilakukan sekali menggunakan pupuk kandang,” ujar Maryatmi.

Untuk panen sendiri, Maryatmi mengatakan hal yang mesti dilakukan adalah memisahkan kelopak dengan biji bunga. Hal itu diperlukan guna memudahkan penyortiran untuk membuat produk olahan rosela. Menurut Maryatmi, saat ini permintaan rosela terbilang tinggi, khususnya sirupnya, karena disukai konsumen sebagai menu buka puasa. Maryatmi menambahkan, menanam bunga rosella sangat mudah karena dapat dilakukan oleh siapa pun termasuk ibu rumah tangga.

Baca Juga:  Fakta Menarik Buah Jeruk Bali, Efektif Menurunkan Kadar Lemak
Loading...
Loading...