Belajar Membuat Tahu

Pertanianku – Tahu merupakan makanan yang banyak dikonsumsi masyarakat. Makanan yang dibuat dengan menggunakan bahan baku utama kedelai ini memiliki rasa sangat lezat serta banyak mengandung vitamin yang baik dan dibutuhkan oleh tubuh.

Belajar Membuat Tahu

Tahukah Anda bagaimana proses kedelai hingga menjadi tahu beserta pengolahannya? Berikut cara mudah membuat tahu.

Loading...
  1. Pencucian dan perendaman kedelai

Tahap pertama dalam membuat tahu adalah dengan merendam kacang kedelai ke dalam baskom semalaman. Setelah direndam semalaman, remas kedelai tersebut agar pecah. Pisahkan antara biji kedelai dan kulitnya hingga bersih.

Setelah bersih, Anda bisa memasukkan kedelai ke dalam blender. Tambahkan air secukupnya, lalu haluskan dengan blender.

  1. Perebusan

Setelah kedelai selesai dihaluskan, bentuknya akan menyerupai susu. Langkah selanjutnya adalah merebusnya hingga mendidih. Sebelum mendidih, siapkan terlebih dahulu air dingin. Air dingin ini digunakan untuk menambahkan rebusan kedelai jika sudah mendidih dan mengeluarkan busa. Ini karena rebusan kedelai akan muncul busa jika mendidih.

Saat kedelai sudah mendidih dan mengeluarkan busa, tambahkan air dingin sedikit demi sedikit. Lakukan cara tersebut setiap kali busa muncul hingga busa habis. Setelah busa habis, biarkan rebusan tadi di atas kompor dengan api kecil selama 20 menit. Lalu, matikan kompor dan biarkan rebusan hingga dingin.

  1. Penyaringan

Proses selanjutnya adalah menyaring rebusan kedelai. Setelah direbus, kedelai akan tampak seperti bubur. Bubur ini harus disaring dan dicampur dengan air asam sambil diaduk secara berlahan-lahan hingga menggumpal.

Peras gumpalan kedelai tersebut hingga airnya keluar semua. Ampas kedelai jangan dibuang karena masih bisa dimanfaatkan menjadi makanan. Air hasil saringan direbus kembali, tetapi tidak sampai mendidih. Diamkan hingga menggumpal.

  1. Pemisahan air
Baca Juga:  Produk-produk dari Kayu Manis yang Bernilai Tinggi

Setelah menggumpal, tahap selanjutnya dalam membuat tahu adalah membuang air yang ada di gumpalan tersebut dan menyiapkan cetakan tahu. Siapkan cetakan tahu sesuai dengan yang diinginkan.

Gumpalan calon tahu tersebut bisa dicetak sesuai dengan selera Anda. Namun, pada umumnya tahu dibuat berbentuk kotak saja. Hal ini jauh lebih mudah dibandingkan membuat tahu dengan bentuk lain.

Loading...
Loading...