Belajar Sambil Menjalankan Usaha Peternakan? Jangan Takut!


Pertanianku  Dalam melakukan usaha ternak, tidak harus menunggu sampai menjadi ahli, tetapi bisa belajar sambil usaha berjalan. Jika sudah mengetahui dasarnya, usaha bisa segera dijalankan. Untuk memulainya, tidak harus menguasai ilmu ternak secara lengkap. Bahkan, tidak jarang orang yang telah mengetahui segalanya justru tidak berani memulai.

Semua hal di dunia ini memerlukan proses dan waktu. Adayang membutuhkan waktu berhari-hari, berminggu-minggu,  berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun. Untuk itu, pahami hal-hal berikut.

  • Jangan takut untuk memulai.
  • Bila jatuh, harus berani mengulangi lagi. Jangan beranggapan bila jatuh berarti sudah selesai atau berakhir.
  • Pada titik tertentu pasti ada hasil yang dapat dicapai. Akan ada hasil atau kemajuan walaupun sedikit.

Bila mengalami masalah ketika usaha sudah berjalan, tentu akan berusaha semaksimal mungkin mencari jalan keluarnya. Mungkin bisa dengan menanganinya sendiri, bertanya kepada yang lebih ahli, atau mencari informasi lain untuk menyelesaikan masalah tersebut. Kepuasan akan diperoleh jika masalah dapat terselesaikan. Namun, jika gagal, jangan berhenti, tetapi dapat memulai atau merintisnya kembali.

Kuncinya, dengan keinginan yang kuat untuk maju, semangat pantang menyerah, dan menyingkirkan semua ketakutan yang ada, niscaya akan membuat kita menjadi pengusaha ternak yang sukses.

 

Sumber: Buku 34 Bisnis Peternakan Hasilkan Jutaan Rupiah

Baca Juga:  Sapi Raksasa Australia Viral, Tingginya Hampir 2 Meter