Belajar Tentang Agroekologi Semangka


Pertanianku – Tanaman semangka tumbuh baik di dataran rendah hingga dataran tinggi 0—1.000 m dpl. Daerah yang berkapur dan mengandung banyak bahan organik (subur) dengan iklim yang relatif kering lebih disenangi. Namun, di daerah yang bertipe iklim basah pun tanaman semangka dapat hidup dan berbuah baik, asalkan daerah itu tidak berkabut dan air tanah tidak menggenang (mengandung pasir).

Belajar Tentang Agroekologi Semangka

 

Derajat keasaman tanah optimum antara pH 5,5—6,5. Meskipun demikian, tanaman semangka toleran terhadap lahan asam (pH kurang dari 5) sehingga tanaman ini dapat dikembangkan di lahan gambut. Tanaman semangka menghendaki tempat yang tidak ternaungi atau mendapat sinar matahari penuh. Tanaman ini tidak tahan terhadap hujan yang terus-menerus. Tanaman menghendaki penyiraman 80% lebih (berada di tempat terbuka). Tujuannya agar matahari menyinari penuh (tidak ada naungan).

Buah yang matang dimakan segar sebagai buah meja. Rasanya manis sekali, segar, dan berair banyak. Bijinya dapat diasinkan menjadi kuaci yang gurih.

Sumber:  Buku Berkebun 26 Jenis Tanaman Buah

Baca Juga:  Cara Budidaya Jahe Gajah dalam Polibag
loading...
loading...