Belalang Diolah Jadi Nugget, Berani Coba?


Pertanianku Chicken nugget merupakan salah satu makanan yang menjadi favorit anak-anak. Bahkan, saking lezatnya orang dewasa juga menyukainya. Makanan cepat saji ini memang sangat praktis.

Foto: pixabay

Tahukah Anda ada nugget yang diolah dari belalang. Mungkin belum banyak orang yang mengetahuinya. Namun, percayalah nugget belalang ini rasanya tak kalah dengan chicken nugget yang biasa Anda konsumsi.

Terciptanya nugget belalang ini karena timbulnya keprihatinan guna memenuhi kebutuhan protein pada masyarakat tidak mampu membuat seorang mahasiswa dari Universitas Gadjah Mada membuat terobosan mengolah belalang menjadi nugget.

Sang pencetus nugget belalang tersebut adalah Ridho Andika Putra, mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Jurusan Teknik Pertanian dan Biosistem UGM.

Menurut Ridho, rasa nugget belalang ini mirip dengan udang dengan kandungan protein yang cukup tinggi. Pada kondisi basah bisa mencapai 60 persen. Sementara, setelah kering meningkat menjadi 60 persen.

“Sebagai sumber makanan yang kaya protein, belalang nugget diharapkan membantu asupan gizi untuk masyarakat miskin, karena harganya yang terjangkau,” terang Ridho.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa produk nugget belalang ini sebagai upaya untuk meningkatkan nilai tambah dalam aspek bentuk dan cara penyajiannya.

“Ini merupakan pengembangan diversifikasi pangan lokal yang tidak tergantung impor,” lanjut Ridho.

Langkah awal pembuatan pembuatan belalang nugget adalah dengan membersihkan belalang dan mengukusnya setengah matang. Kemudian, belalang digiling kasar dan dicampur dengan bumbu yang telah dihaluskan. Bumbu-bumbu tersebut terdiri atas bawang putih, lada, garam, dan penyedap rasa. Sementara, bahan yang diperlukan selain belalang adalah tepung sagu, air, dan telur.

Proses selanjutnya, yaitu adonan belalang yang telah dicampur dengan bahan dan bumbu dicetak dalam loyang dan dikukus selama 15 menit. Selanjutnya, ditiriskan dan dilakukan pemotongan berbentuk segi empat dilapisi putih telur dan tepung panir atau disebut breading. Setelah itu, digoreng dan jadilah produk belalang nugget.

Ridho berharap nugget ini menjadi salah satu alternatif pilihan makanan yang dapat diterima masyarakat guna memenuhi kebutuhan protein hewani.

Baca Juga:  Jangan Salah! Ada Makanan Sehat yang tidak Benar-benar Menyehatkan
loading...
loading...