Orchid mantis, Belalang Yang Mengalahkan Keindahan Bunga


Pertanianku – Bagi serangga, benda yang paling indah dan menarik perhatiannya adalah bunga-bunga yang memiliki kelopak dengan berwarna cerah. Namun, ternyata ada serangga yang jauh lebih indah dari pada bunga.

Belalang ini Terlihat Lebih Indah dari Bunga
geewi

Orchid mantis adalah nama spesies serangga sejenis belalang. Tubuhnya sangat menyerupai kelopak bunga dengan warna yang cantik. Uniknya lagi, orchid mantis dapat mengubah warna tubuhnya agar mirip dengan warna bunga yang dihinggapinya.

Dengan penampilannya yang indah, keahlian utama orchid mantis adalah melakukan kamuflase di antara bunga-bunga. Ketika ada serangga yang hinggap di atasnya, orchid mantis agar segera menangkap mereka dengan capitnya.

Serangga seperti kumbang dan kupu-kupu biasanya akan datang menghampiri bunga untuk menghisap madunya. Sayangnya, seringkali mereka terperangkap oleh kamuflase orchid mantis dan berakhir menjadi santapan belalang tersebut.

Keahlian kamuflase orchid mantis memang sangat baik. Peneliti mengemukakan jika bunga tiruan orchid mantis biasanya lebih banyak dihinggapi daripada bunga-bunga aslinya. Tidak heran jika orchid mantis disebut sebagai salah satu serangga terindah di dunia.

Baca Juga:  Cara Menanam Lavender dari Setek
loading...
loading...