Belalang Tongkat Dinobatkan Sebagai Serangga Terpanjang di Dunia

Pertanianku – Seekor serangga sepanjang setengah meter ditemukan di Cina Selatan dinobatkan sebagai serangga terpanjang di dunia.

Belalang Tongkat, Serangga terpanjang Asal Cina

Serangga sepanjang 62,4 cm itu ditemukan dua tahun lalu di Provinsi Guangxi. Menurut Museum Serangga Cina Barat, hewan yang lazim disebut belalang tongkat itu kini memegang rekor serangga paling panjang di antara 807.625 jenis serangga yang terdapat di dunia.

Sebelumnya rekor serangga terpanjang di dunia disematkan kepada seekor belalang tongkat yang ditemukan pada 2008 lalu di Malaysia. Serangga tersebut sepanjang 56,7 cm itu, saat ini dipamerkan di Museum Sejarah Nasional, London, Inggris.

Adapun belalang tongkat terpanjang di Cina ditemukan oleh Zhao Li, seorang ilmuwan lokal. Zhao Li memburu serangga itu selama enam tahun, setelah mendengar cerita warga desa tentang belalang sebesar jari manusia dengan panjang lebih dari setengah meter.

“Saya sedang mengumpulkan serangga-serangga di sebuah pegunungan setinggi 1.200 meter di Kota Liuzhou, Guangxi pada 16 Agustus 2014 lalu, ketika bayangan hitam muncul di kejauhan. Hewan tersebut sangat mirip ranting pohon,” ungkap Zhao.

“Saya mendekatinya dan terkejut, karena kaki serangga raksasa itu bahkan sama panjangnya dengan tubuh binatang itu sendiri,” jelas Zhao.

Belalang tongkat itu kemudian dinamai Phryganistria chinensis oleh Zhao, untuk menghormati penemunya sendiri. Sebuah ulasan ilmiah tentang serangga itu juga akan segera diterbitkan.

Baca Juga:  Kiat-kiat Mencegah Kelinci Stres