Belimbing Bangkok, Belimbing Manis yang Sangat Populer

Pertanianku — Buah belimbing bangkok paling cocok ditanam di dataran rendah hingga ketinggian 500 m dpl dengan kemiringan lahan sekitar 5—20°, suhu lingkungan yang dibutuhkan sekitar 20—30°C dengan curah hujan sekitar 2.000—2.500 mm/tahun. Buahnya berbentuk lonjong dengan panjang 15—20 cm dan diameter 10 cm. Buah yang sudah matang akan berwarna kuning agak kemerahan dengan bagian pinggir yang tetap berwarna hijau.

belimbing bangkok
foto: pertanianku

Rasa buah segar manis dan mengandung banyak air. Selain dikonsumsi secara langsung, belimbing bangkok juga tetap lezat saat diolah menjadi jus atau campuran salad.

Tanaman belimbing bangkok sangat mudah dirawat dan untuk pembibitan. Anda bisa memilih belimbing manis yang populer ini sebagai tanaman di pekarangan rumah karena menghasilkan buah berukuran besar dan lebat.

Tanaman buah ini menyukai area terbuka yang mendapatkan cahaya matahari. Namun, tanaman masih terbilang toleran terhadap naungan dengan intensitas penyinaran selama 45—50 persen. Tanaman buah dapat tumbuh optimal apabila kondisi angin tidak begitu kencang. Hal ini karena angin yang kencang dapat menyebabkan bunga dan buah tanaman berguguran.

Kondisi tanah yang disukai tanaman ialah subur, gembur, banyak mengandung bahan organik, serta memiliki sistem aerasi dan drainase yang baik. Derajat keasaman tanah (pH) yang dibutuhkan sekitar 5,5—6,0.

Perbanyakan tanaman sebaiknya dilakukan secara vegetatif melalui okulasi. Perbanyakan generatif lebih sering diperuntukkan sebagai penghasil batang bawah yang kemudian batang tersebut akan digunakan kembali untuk perbanyakan vegetatif. Bibit yang dihasilkan dari perbanyakan vegetatif akan memberikan Anda keuntungan karena bibit ini menurunkan sifat keunggulan induk.

Untuk Anda yang ingin membeli bibit belimbing bangkok, sebaiknya beli bibit di penangkar yang sudah tersertifikasi atau toko pertanian tepercaya. Pasalnya, bibit vegetatif tidak hanya menurunkan sifat unggul induk, tetapi kekurangan induk juga diturunkan. Oleh karena itu, bibit vegetatif harus dibuat dari induk yang unggul. Tempat pembenihan yang tersertifikasi atau toko pertanian tepercaya pasti menjual bibit yang terbuat dari induk yang unggul.

Baca Juga:  Pengembangan Kampung Pisang untuk Meningkatkan Kualitas Pisang Ekspor

Bibit belimbing bangkok yang bagus pada umumnya memiliki batang yang mulus dan bebas dari bercak-bercak, tajuknya rimbun, subur, dan tanaman tampak segar. Bibit yang akan ditanam sebaiknya berumur 6 bulan atau lebih dengan tinggi 60—75 cm.