Belimbing, Buah Menyegarkan yang Menyimpan Banyak Khasiat

Pertanianku Buah belimbing sering disebut starfruit karena bentuknya yang menyerupai seperti bintang. Buah ini sering dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi jus. Rasanya yang manis dan sedikit asam membuat banyak orang gemar menjadikannya jus buah yang menyegarkan. Buah belimbing yang berusuk lima ini menyimpan berbagai khasiat yang baik untuk tubuh. Tak hanya buahnya, daun tanaman belimbing juga berkhasiat.

buah belimbing
Foto: Pixabay

Buah belimbing mengandung protein, lemak, mineral (kalium, kalsium, fosfor, besi), vitamin (C dan B), beta karoten, kalsium oksalat, dan serat. Kadar kaliumnya tinggi sehingga penderita gagal ginjal dilarang mengonsumsi belimbing. Berikut ini beberapa khasiat buah belimbing.

Khasiat buah

Buah belimbing bercita rasa asam, manis, dan sifatnya netral. Belimbing memiliki khasiat antiradang, antioksidan, peluruh urine (diuretik), dan meningkatkan produksi liur. Belimbing digunakan untuk membantu pengobatan tekanan darah tinggi (hipertensi), batuk, tenggorokan sakit dan bengkak, haus, sakit gigi, kaki edema (bengkak air), sukar kencing, pembesaran limpa akibat penyakit malaria, serta wasir.

Penderita darah tinggi dapat mengonsumsi 1 butir belimbing manis yang sudah masak atau masih hijau untuk menurunkan kadar darah yang tinggi. Buah ini bisa dikonsumsi setelah selesai sarapan.

Daun belimbing

Daun belimbing bermanfaat untuk mengatasi kesulitan kencing, kulit gatal, tersiram air panas, dan koreng bernanah (piodermi).

Daun belimbing juga berkhasiat sebagai pencegah berbagai jenis kanker. Cara meramu daun belimbing sebagai ramuan untuk mencegah kanker cukup mudah. Cuci bersih 12 helai daun belimbing, ½ lembar daun pepaya muda, 6 helai daun ceremai muda, 3 helai daun bayam merah, dan 2 buah wortel seukuran jari tangan. Selanjutnya, blender semua bahan dan tambahkan 1,5 gelas air matang, lalu saring airnya. Tambahkan 3 sendok makan madu. Ramuan ini dapat diminum 3 kali sehari, masing-masing sebanyak ½ gelas.

Baca Juga:  Trik Menghasilkan Bibit Tanaman Mangga dengan Teknik Sambung

Akar belimbing

Bagian akar tanaman belimbing dapat Anda manfaatkan sebagai obat liver. Caranya cukup mudah. Cuci bersih 12–15 gram akar belimbing manis kering, lalu rebus dengan 1 gelas air hingga airnya menyusut menjadi ½ gelas. Setelah itu, dinginkan air rebusan. Minum air rebusan sehari sekali secara teratur.

Akar belimbing juga digunakan untuk pengobatan sakit kepala kronis, nyeri sendi, mimisan, dan seminal emission (bocor sperma).