Belum Diketahui! Ini 6 Manfaat Penting Rumput Laut


Pertanianku — Apakah Anda suka makan rumput laut? Apakah Anda tahu manfaat penting rumput laut itu sendiri? Ya, rumput laut merupakan salah satu tanaman yang memberi manfaat kesehatan.

manfaat penting rumput laut
Foto: Pixabay

Bukan hanya teksturnya yang kenyal dan lezat, rumput laut dikenal sebagai bahan makanan kaya nutrisi. Nah, menurut stylecraze.com, berikut ada 6 manfaat penting dari rumput laut yang perlu Anda ketahui.

  1. Kesehatan pencernaan dan jantung

Rumput laut kaya akan kandungan serat yang sangat baik untuk melancarkan pencernaan, detoks tubuh dari berbagai sampah yang mengendap di dalam usus dan menurunkan kolesterol. Hal inilah yang kemudian bisa menjaga kesehatan jantung dan menghindarkan tubuh dari penyakit kardiovaskuler. Folat dalam rumput laut juga dapat mencegah penumpukan homosistein untuk menghindari penyakit jantung.

  1. Membantu mengatur hormon

Vitamin K yang tinggi pada rumput laut membantu kelenjar adrenal berfungsi dengan baik sehingga bisa menyeimbangkan hormon. Beberapa jenis rumput laut wakame, nori, kombu, dan bladderwrack lebih banyak mengandung vitamin K yang sangat baik dikonsumsi.

  1. Meningkatkan kesuburan

Karena rumput laut mengandung banyak nutrisi penting, tanaman ini juga sangat baik mendukung kesuburan wanita ataupun pria. Unsur penting seperti yodium, seng, selenium, dan magnesium yang tinggi dalam rumput laut dapat meningkatkan kesuburan.

  1. Meningkatkan fungsi tiroid

Jika Anda mengalami masalah tiroid seperti hipotiroidisme, sulit menurunkan berat badan dan lain sebagainya, maka rumput laut bisa jadi solusi masalah tersebut. Ini karena rumput laut mengandung selenium dan yodium tinggi yang dapat membantu menyeimbangkan dan mengatur fungsi tiroid.

  1. Mengatasi penyakit kulit

Rumput laut kaya vitamin B1, B2, B3, B6 dan B12 yang dapat membantu mengurangi peradangan dan melindungi permukaan kulit. Bahkan, rumput laut bisa mengobati atau meringankan alergi kulit sensitif, eksim, dan berbagai penyakit kulit lainnya seperti rocasea.

  1. Membantu menyembuhkan kanker
Baca Juga:  Racikan Herbal Mampu Lumpuhkan Kanker Hati

Tanaman laut mengandung senyawa fucoidans yang telah secara klinis terbukti sebagai pembunuh sel kanker tanpa membunuh sel tubuh normal dan sehat. Selain itu, polisakarida dan fucoidans dapat membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini pada akhirnya mencegah pertumbuhan sel kanker.

loading...
loading...