Benarkah Bawang dan Jeruk Nipis Dapat Menyembuhkan Gagal Ginjal?


Pertanianku – Bawang putih, bawang bombai, dan jeruk nipis adalah bahan yang biasa digunakan untuk bumbu pada masakan. Ketiga jenis bahan makanan ini memiliki khasiat menyembuhkan gagal ginjal. Benarkah ramuan tersebut dapat menyembuhkan gagal ginjal?

Benarkan, Bawang dan Jeruk Nipis dapat Menyembuhkan Gagal Ginjal 1

Manfaat ramuan alami yang terdiri atas bawang putih, bawang bombai, dan jeruk nipis dapat menyembuhkan gagal ginjal. Cara membuat ramuan tersebut adalah ketiga bahan tersebut diblender lalu dikonsumsi 3 x 1 sendok makan dalam sehari.

Sebagaimana dikutip Liputan6.com (11/4), Konsultan herbal dr. Prapti Utami mengatakan “Tidak betul. Pertama diagnosis gagal ginjal artinya tidak berfungsinya ginjal melakukan tugasnya, sedangkan ramuan tadi sifatnya antioksidan. Sehingga kalau ada statement yang mengatakan menyembuhkan, itu kan terlalu tinggi, padahal obat kimia saja tidak bisa menyembuhkan.” “Untuk bisa mengatakan sembuh itu harus terbukti bahwa ginjal berfungsi 100%. Mengucapkan Statement sembuh itu harus hati-hati.”

Benarkan, Bawang dan Jeruk Nipis dapat Menyembuhkan Gagal Ginjal

Namun, dokter Prapti mengungkapkan bahwa ramuan tersebut jika dikonsumsi mungkin sekali untuk membuat kondisi tubuh jadi lebih baik. Menurutnya, ketiga bahan tersebut bisa mengeluarkan racun dan mengandung antiradang tinggi, sehingga jika rutin dikonsumsi bisa membuat kondisi tubuh jadi lebih baik.

“Gagal ginjal itu tidak hanya ginjal saja yang yang menderita, tapi ada peradangan di bagian tubuh lain. Seseorang yang terserang gagal ginjal itu penuh radikal bebas, ketika mengonsumsi ramuan tersebut membantu mengeluarkan racun. Ketika racun telah keluar, sel-sel dalam tubuh menjadi lebih sehat karena kotoran telah dibersihkan,” tutur dr. Prapti.

Oleh sebab itu, daya tahan tubuh menjadi lebih baik dan juga metabolisme tubuh tetap terjaga. Sehingga orang tersebut merasakan kondisinya membaik. Namun, kondisi tubuh lebih baik tidak semata-mata karena konsumsi ramuan ini saja. Dokter Prapti mengingatkan bahwa faktor lain seperti pola makan dan pola hidup sangat memengaruhi perbaikan kondisi tubuh.

Baca Juga:  Ragam Jenis Anggur yang Perlu Diketahui
loading...
loading...