Benarkah Buah Lebih Baik Dikonsumsi Saat Perut Kosong

Pertanianku – Selama ini, buah kerap diposisikan sebagai makanan pencuci mulut yang dikonsumsi setelah menyantap makanan utama. Namun, para ahli mengungkapkan bahwa manfaat buah akan lebih dirasakan jika dikonsumsi sebelum makan.

Benarkah Buah Lebih Baik Dikonsumsi Saat Perut Kosong

“Agar vitamin, mineral dan kandungan lain dalam buah terserap optimal dalam tubuh, memang sebaiknya dikonsumsi saat perut kosong atau sebelum makan,” ucap dokter spesialis anak, Konsultan Gastrohepatologi Anak, RS Awal Bros Evasari Jakarta, Frieda Handayani Kawanto.

Loading...

Jika kebiasaan mengonsumsi buah sebagai makanan penutup tak bisa dihilangkan, Frieda menyarankan agar memberi jeda 15 hingga 30 menit setelah menyantap makanan utama. “Intinya agar penyerapan nutrisi yang terkandung dalam buah ke tubuh lebih optimal,” tutur Frieda.

Frieda menambahkan, mengonsumsi buah dalam bentuk buah potong akan lebih baik dibandingkan menyantapnya dalam bentuk jus. Pasalnya, mengonsumsi buah yang dimakan langsung akan melibatkan proses mengunyah sehingga tubuh menghasilkan enzim tertentu yang membuat penyerapan nutrisi dalam buah lebih optimal. “Kalaupun ingin mengonsumsi dalam bentuk jus sebaiknya tidak disaring, karena nutrisinya justru akan tertinggal,” jelas Frieda.

Baca Juga:  Gedebog Pisang, Limbah di Indonesia Berharga Mahal di Amerika
Loading...
Loading...